Tujuh Buku Terlengkap untuk Belajar tentang Metode Montessori.

Montessori adalah sebuah metode pendidikan yang dikembangkan oleh Dr. Maria Montessori. Metode Montessori merupakan pendekatan yang berpusat pada anak dan berdasarkan pengamatan ilmiah terhadap anak. Saat ini, metode Montessori banyak diterapkan oleh sekolah-sekolah pendidikan anak usia dini. Hal ini karena efeknya yang sangat baik dan bermanfaat untuk perkembangan motorik, pengembangan diri, wawasan, dan identifikasi kecerdasan majemuk.metode montessori memiliki pandangan tentang melihat cara belajar anak yang disesuaikan dengan karakteristik anak, dan tujuan metode montessori adalah membantu anak untuk menolong dirinya sendiri.

Tidak hanya di sekolah, banyak pula orang tua yang mulai menerapkan metode Montessori dalam pengasuhan anak-anaknya melalui kegiatan-kegiatan sederhana di rumah. Orang tua mulai sadar untuk mendidik anak sesuai dengan zamannya dan mulai tergerak untuk mencari informasi tentang berbagai macam metode pengasuhan anak, salah satunya adalah metode Montessori. Orang tua dapat belajar tentang metode Montessori melalui workshop dan seminar yang mulai sering diadakan. Untuk menambah referensi tentang metode Montessori, berikut buku-buku terlengkap yang membahas metode Montessori. Mulai dari filosofi sampai bagaimana cara menerapkannya di rumah.

1. Montessori for Multiple Intelligences

Buku ini membahas bagaimana orang tua menyikapi kecerdasan anaknya dan memberikan stimulasi untuk perkembangannya. Cerdas sering diidentikkan dengan prestasi akademik, padahal setiap anak memiliki sembilan kecerdasan majemuk yang ada dalam dirinya untuk kita kembangkan. Melalui buku ini, penulis mengupas tentang ide stimulasi untuk mengasah kecerdasan majemuk anak dan tip melatih anak mengoreksi sendiri kesalahannya.

2.The Montessori Toddler

Buku ini membahas bagaimana menangani balita dengan metode Montessori. Masih banyak orang tua  yang menganggap balita sulit ditangani, dan melalui buku ini kita diberi tahu bahwa dengan metode Montessori, kita dapat memahami balita dan lebih mudah. Buku ini juga menunjukkan bagaimana metode Montessori membantu orang tua untuk membesarkan anak yang penuh rasa ingin tahu dan bertanggung jawab.

3. Real Mom Real Journey

Menjadi ibu adalah sebuah anugerah. Mulai dari hamil, melahirkan, menyusui, dan merawat anak, itu adalah rangkaian proses yang sangat bermakna dan berharga. Ibu dalam pandangan masyarakat haruslah sempurna. Hal itu ditolak oleh Elvina Lim Kusumo bahwa menjadi ibu tidak harus serbabisa. Buku ini berisi kisah inspirasi menjadi seorang ibu dari Elvina dan 19 ibu lainnya dari komunitas yang didirikannya. Membagikan kisah inspiratif seorang ibu yang harus mengasuh anaknya seorang diri di negara asing, menjadi seorang ibu pekerja yang juga ingin selalu ada untuk anak, tentang seorang ibu yang melawan penyakitnya demi keluarga, dan kisah inspiratif lainnya. Buku ini juga membahas metode Montessori dan penerapannya dalam pengasuhan anak.

4. Montessori Play and Learn

Buku ini ditulis oleh Lesley Britton. Mengajak pembaca untuk megenal  filosofi Montessori dan mengenalkan lebih banyak penerapan metode Montessori di rumah. Terdapat berbagai aktivitas dan permainan Montessori yang bisa diterapkan di rumah sehingga memberi pengalaman belajar secara langsung untuk anak.

5. Jatuh Hati pada Montessori

Buku ini berisi tentang panduan penerapan Montessori untuk guru dan orang tua, memaparkan dengan detail lima area penting dalam filosofi Montessori, dan tip merancang aktivitas seru bersama anak. Buku ini mengulas perbedaan pembelajaran dengan metode konvensional dan metode Montessori dan bagaimana dampaknya bagi perkembangan anak.

6. Montessori’s Own Handbook

Buku ini adalah buku yang langsung ditulis oleh Dr. Maria Montessori, penggagas metode Montessori. Di dalamnya mengupas semua filosofi dalam metode Montessori mulai dari filosofi Montessori itu sendiri dan filosofi material-material yang digunakan dalam metode tersebut. Buku ini juga memperlihatkan kepada kita tentang bagaimana metode ini bermula, menegok children house yang merupakan cikal bakal metode Montessori, serta mengupas pentingnya stimulasi sensori untuk anak usia dini.

7. Islamic Montessori Inspired Activity

Menjelaskan metode Montessori dan Islamic Montesssori. Islamic Montessori diadaptasi dari metode Montessori yang digagas oleh Dr. Maria Montessori. Dalam metode Islamic Montessori ada penambahan pendekatan, yakni aspek spiritual agama Islam pada setiap kegiatannya. Aspek tersebut adalah Islamic Studies dan art and craft. Setiap aktivitas bermain diselipkan ajaran agama Islam. Sebagian besar buku ini berisi ide-ide permainan Islamic Montessori.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *