fbpx

Memahami Kelebihan Metode Montessori

Apakah kalian tahu apa saja sih kelebihan metode Montessori? Metode Montessori adalah metode pendidikan dan pengasuhan anak yang dipopulerkan oleh Dr. Maria Montessori, seorang pendidik dan dokter dari Italia. Metode ini banyak diterapkan oleh beberapa sekolah dan orang tua. Kelebihan yang dimiliki metode Montessori dibandingkan dengan metode pendidikan lain menjadi alasan mereka menerapkan sistem ini dalam mengasuh dan mendidik anak-anak.

Kelebihan Metode Montessori

Photo: rawpixel.com on Freepik

Kelebihan metode Montessori didukung oleh prinsip metode ini yang mengajarkan lima area utama pada anak yakni kemampuan berbahasa, konsep matematika, budaya, sensorik, kehidupan sehari-hari. Kelima area ini adalah area dasar yang mendukung tumbuh kembang anak dan proses belajarnya, termasuk proses pertumbuhan akademik mereka.

Kelebihan metode Montessori akan diurai dalam pembahasan berikut:

1. Metode Montessori Melatih Kemandirian Anak

Pendidikan konvensional atau tradisional sering memberi ruang lebih banyak kepada orang dewasa untuk ‘menyuapi’ anak dengan berbagai macam pengetahuan baru. Hal ini sangat berkebalikan dengan prinsip Montessori yang ingin menumbuhkan kemandirian pada anak dengan membebaskan mereka bereksplorasi.

Baca juga: Cara Melatih Anak Mandiri

2. Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab

Kelebihan metode Montessori lainnya adalah membentuk rasa tanggung jawab dalam diri anak. Beberapa orang yang menerapkan pendidikan tradisional kerap menegur anak apabila mereka berbuat kesalahan sehingga menimbulkan perasaan bersalah yang akhirnya membuat anak rendah diri. Metode montessori percaya bahwa anak-anak bisa belajar dari kesalahan mereka dan membentuknya menjadi manusia yang bertanggung jawab.

3. Fokus pada Perkembangan Individu Anak

Metode Montessori memungkinkan anak untuk belajar, berkembang, dan bekerja dengan kecepatan masing-masing. Setiap anak adalah individu yang unik dan mereka memiliki kelebihan masing-masing. Metode Montessori tidak membanding-bandingkan satu anak dengan yang lain, karena meskipun berada di usia yang sama namun belum tentu mengalami perkembangan yang sama. Sehingga montessori hanya fokus pada perkembangan setiap individu saja.

 

Metode Montessori bersifat humanistik dan memiliki aparatus atau alat-alat pendukung dengan filosofinya masing-masing. Bagi para orang tua yang ingin mengenal lebih lanjut mengenai metode Montessori bisa mencari informasi melalui buku “A-Z Tanya Jawab Montessori & Parenting” karya Rosalynn Tamara. Buku ini dikemas dalam  bentuk tanya jawab yang menarik sehingga memudahkan pembaca untuk memahami isinya. Buku ini bisa didapatkan melalui pemesanan di sini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta