Aktivitas Islamic Montessori, Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Montessori ternyata merupakan metode pengasuhan anak yang fleksibel. Tidak hanya mudah untuk diaplikasikan pada berbagai macam permainan dan aktivitas, Montessori juga dapat disesuaikan dengan tujuan pengajaran orang tua atau pendidik. Buktinya, sekarang ada yang namanya akvitas Islamic Montessori.

Islamic Montessori merupakan pilihan tepat bagi orang tua dan pendidik yang ingin mengajarkan ajaran agama Islam kepada anak. Metode pengasuhan ini berasal dari metode Montessori yang dimodifikasi sehingga orang tua dapat mengajarkan ajaran agama Islam dengan tetap mengikuti filosofi Montessori dan tetap berlandaskan lima aspek Montessori berikut: practical life, language, mathematics, culture, dan sensorial. Bedanya, Islamic Montessori mengasah aspek Islamic studies kepada anak.

Di Indonesia, Islamic Montessori merupakan metode yang sedang digandrungi oleh orang tua dan pendidik anak. Bahkan, ada komunitas Indonesia Islamic Montessori Community yang didirikan oleh Zahra Zahira. Selain mendirikan komunitas Islamic Montessori, Zahra juga menulis buku best seller berjudul Islamic Montessori Inspired Activity yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka. Untuk memudahkan orang tua mencoba metode ini, berikut beberapa aktivitas Islamic Montessori yang dapat dilakukan di rumah. Aktivitas Islamic Montessori di bawah ini diambil dari buku Islamic Montessori Inspired Activity.

 

  1. Aktivitas Islamic Montessori Building Animal Words with LMA

Alat dan bahan:

Nampan, model hewan, LMA, dan label nama

Aplikasi kegiatan:

Allah berfirman dalan QS An-Nur ayat 45, “Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki, sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Letakkan beberapa model hewan di atas alas kerja. Buka LMA dan letakkan di sebelah kiri alas kerja. Apabila tidak memiliki material ini, orang tua dapat membuat material ini sendiri. Letakkan model hewan di atas alas kerja dan tanyakan kepada anak terlebih dahulu untuk meletakkan model hewan di sebelah kanan alas kerja. Letakkan label nama model hewan tersebut dan minta kepada anak untuk mencari huruf yang sesuai pada label nama. Lanjutkan dengan hewan lainnya.

  1. Fruit Satay Ramadhan

Alat dan bahan:

Nampan, mangkuk, tusuk satai, nanas berbentuk binatang, apel berbentuk bulan sabit, kurma, anggur hitam, ubi ungu, dan ubi oranye.

Aplikasi kegiatan:

Jelaskan kepada anak bahwa Ramadan adalah bulan suci umat Islam. Pada bulan ini, umat Islam harus berpuasa dari subuh hingga magrib selama 29―30 hari. Ketika berbuka puasa, sebaiknya tidak kalap dan usahakan makan yang sehat. Satai buah ini merupakan makanan sehat yang tepat untuk disajikan saat berpuasa. Siapkan tusuk satai dan mulai tusuk buah satu per satu. Sisakan nanas dan apel untuk ditusuk paling atas.

Alat dan bahan:

Nampan, kertas pasir Hijaiyah, model sayuran, dan label bahasa Arab sayuran.

Aplikasi kegiatan:

Letakkan satu per satu model sayuran di atas alas kerja, beri tahu nama sayuran dan bahasa Arab kepada anak. Ambil huruf Hijaiyah, minta kepada anak untuk meraba huruf tersebut, letakkan di sebelah kiri alas kerja. Lanjutkan dengan model sayuran lainnya.

 

Masih ada banyak aktivitas  yang dapat dilakukan di rumah dengan sarana yang mudah ditemukan. Yang paling utama dalam mengaplikasikan Islamic Montessori adalah dengan menyambungkan aktivitas tersebut dengan ajaran Islam yang perlu anak ketahui. Namun, untuk mengoptimalkan perkembangan anak, orang tua tetap perlu mengeksplorasi aktivitas yang mengasah aspek lainnya, bukan hanya yang mengasah Islamic studies. Oleh karena itu, dalam buku Islamic Montessori Inspired Activity, Zahra Zahira juga memberikan DIY aktivitas Montessori yang mengasah lima aspek Montessori secara lengkap.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *