fbpx

Manfaat Mengajak Bayi Berbicara

Kebanyakan orang meyakini bahwa bayi tidak bisa memahami apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Bayi dianggap sebagai manusia kecil dan lemah. Padahal pembentukan diri berlangsung sejak manusia masih bayi, bahkan sejak dalam kandungan. Salah satunya adalah dengan mengajak mereka berbicara, karena banyak sekali manfaat mengajak bayi berbicara.

Manfaat Mengajak Bayi Berbicara

Photo: pvproductions on Freepik

Manfaat Mengajak Bayi Berbicara

Berikut ini uraian beberapa manfaat mengajak bayi berbicara:

Membantu Bayi Cepat Berbicara

Manfaat mengajak bayi berbicara salah satunya adalah membantunya untuk bisa cepat berbicara. Sering berbicara pada bayi mendorong mereka untuk menirukan kata-kata yang kita ucapkan. Kita tahu bahwa anak kecil cenderung sering menirukan apa yang dilakukan orang tuanya. Dengan sering berbicara pada mereka, mereka juga akan belajar mengenai bahasa dan memperkaya kosakata.

Meningkatkan Ikatan Batin

Ikatan antara bayi dan orang tua akan meningkat dengan sering mengajak mereka berbicara. Hal ini akan membentuk perasaan pada si kecil bahwa mereka diperhatikan dan disayangi. Selain itu, manfaat mengajak bayi berbicara akan membentuk mereka menjadi manusia yang terbuka. Sehingga saat mereka sudah besar, mereka tidak akan sungkan berbagi cerita kepada orang tua.

Meningkatkan Kemampuan Bahasanya

Mengajak bayi berbicara akan membantu memudahkan mereka belajar saat besar nanti, terutama saat proses belajar membaca dan memahami objek. Mereka akan lebih kaya kosakata dan memiliki pengetahuan lebih luas dibandingkan dengan bayi yang jarang diajak mengobrol.

Baca Juga: Hal-Hal yang Perlu Kita Ketahui Tentang Bayi

Berbicara kepada bayi mungkin dianggap menjadi hal aneh, sebab kita tidak akan mendapatkan respon apapun kecuali ocehan mereka. Hal ini wajar saja karena mereka belum bisa berbicara dan memang dengan cara seperti itulah mereka berkomunikasi. Beberapa kegiatan di bawah ini bisa dilakukan untuk mengembangkan kemampuan bahasa mereka:

– Ajaklah bayi berbicara sejak dalam kandungan. Ajak mereka mengobrol seperti kita mengobrol bersama kawan kita.

– Berbicaralah dengan jelas dan tepat, tidak perlu dicelat-celatkan mengikuti cara mereka berbicara.

– Sering membacakan mereka buku.

– Berbicaralah dengan lembut dan tulus.

 

Perlu dilakukan persiapan untuk menanti kehadiran bayi di rumah. Temukan lebih banyak hal baru untuk menyiapkan kehadiran mereka dalam buku The Montessori Baby. Banyak sekali hal-hal menarik tentang bayi diulas dalam buku ini. Segera miliki dengan melakukan pemesanan di sini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta