Ivy Maya Savitri dan Upayanya Mencari Solusi untuk Tingginya Biaya Prasekolah Berkualitas di Indonesia

Sebelum Montessori terkenal di dunia Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia, hanya sedikit orang yang menekuni spesialisasi tersebut. Berkembangnya implementasi Montessori pada lembaga-lembaga PAUD di Indonesia tidak lepas dari kontribusi mereka yang lebih dahulu mempelajari Montessori dan memiliki semangat untuk menyebarkannya. Hingga akhirnya, kini Montessori sudah lebih dikenal masyarakat luas dan diyakini sebagai salah satu metode terbaik di bidang PAUD.

Ivy Maya Savitri adalah salah satu praktisi Montessori yang juga selama bertahun-tahun berupaya untuk memperkenalkan Montessori kepada para pendidik prasekolah untuk anak usia dini. Ia merasa prihatin terhadap tingginya biaya prasekolah berkualitas di Indonesia yang umumnya hanya dapat dinikmati segelintir kelompok masyarakat tertentu saja.

Ivy, begitu panggilan akrabnya, memiliki pengalaman di dunia PAUD sejak 2000 dan perkenalan awalnya dengan metode Montessori terjadi pada akhir 2001. Ivy kemudian kerap menjadi pembicara di berbagai seminar parenting dan Montessori. Ia juga menjadi konsultan dan trainer di beberapa prasekolah dalam penerapan & pelaksanaan metode Montessori (pelatihan pengembangan potensi guru, penerapan metode Montessori untuk keseluruhan sistem, maupun penggabungan dengan sistem lain), serta telah melatih banyak sekali guru dan orang tua dalam event-event pelatihan di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Pada 2010, Ivy mendirikan Rumah Montessori untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya kepada sesama pendidik sekaligus sebagai upaya untuk mengatasi mahalnya biaya prasekolah berkualitas di Indonesia, khususnya yang mengaplikasikan metode Montessori. Rumah Montessori menyediakan berbagai program pelatihan yang dapat diikuti oleh siapa saja yang memiliki minat pada dunia pendidikan anak usia dini, khususnya sistem pendidikan Montessori.

Ivy mengantongi berbagai sertifikat atas keahliannya dalam bidang ini. Di antaranya Certificate of Completion of the 90-hour introductory teaching program (Culture, Math, Geometry, and Language) Montessori for Elementary 6–9 dan Certificate of Completion a 24-hour in BRAIN GYM 101, Educational Kinesiology Foundation, Fundi Montessori 2014. Ia juga tersertifikasi sebagai tenaga pendidik pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), CAE College of Allied Educators Jakarta 2015.

Bersama Bentang Pustaka, Ivy akan membagikan pengetahuannya mengenai sisi lain Montessori yang sering kali diabaikan, tetapi sejatinya merupakan kunci keberhasilan dari metode ini. Nantikan informasi selengkapnya di Instagram @bentangkids!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *