Kecintaan Andrea Hirata kepada Matematika

Dikenal sebagai seorang penulis novel di Indonesia, tak banyak yang tahu Andrea Hirata juga sangat menyukai dunia sains dan ilmu eksakta. Ia mengakui  dirinya suka dengan astronomi, fisika, kimia, dan statistik. Bahkan Andrea Hirata juga memiliki kecintaan kepada matematika. Sebab, ilmu ini merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang ia pelajari saat kuliah dahulu.

Karena kecintaannya di bidang literasi dan sastra, Andrea Hirata pun mengambil langkah serius dengan menulis. Lalu ia pun mencoba menerbitkan sebuah novel pada tahun 2005. Ya, novel tersebut tak lain dan tak bukan adalah Laskar Pelangi. Novel perdananya ternyata meledak di pasaran dan menjadi best seller hingga pada akhirnya difilmkan. Dari sanalah Andrea Hirata kemudian mencoba menekuni bidang ini hingga sekarang.

Tertarik pada Sains dan Ilmu Eksakta

Selama ini, kita mengenal Andrea Hirata sebagai sosok penulis novel Indonesia. Karya-karyanya dikenal khalayak luas, selalu dinantikan, bahkan salah satu novelnya yang berjudul Laskar Pelangi sudah diterbitkan di banyak negara dengan berbagai versi bahasa dan difilmkan oleh sinematografer terkenal di Indonesia. Selain itu, Andrea Hirata juga beberapa kali mendapatkan penghargaan terkait keterlibatannya di dunia literasi ini. Masyarakat awam atau siapa saja yang pertama kali mengenal Andrea Hirata pasti mengira bahwa ia merupakan seseorang yang menekuni bidang sastra dari awal. Dia juga sempat mengenyam pendidikan tinggi di bidang literature. Faktanya bukan seperti itu, Sahabat Bentang! Andrea Hirata merupakan lulusan salah satu universitas di Indonesia, di kampus tersebut ia justru mengambil studi ekonomi sebagai bidang yang ingin ia tekuni.

Jadi, pada dasarnya Andrea Hirata menyukai semua jenis ilmu. Buku-buku yang bertema ilmu-ilmu di atas juga dengan senang hati akan ia baca sampai habis. Oleh karena itulah sering kali kalian bisa menemui istilah-istilah ilmiah dalam novel Andrea Hirata. Ketertarikan Andrea Hirata dengan ilmu eksakta ini justru semakin memperkaya khazanah cerita dalam novel-novel yang ia tulis.

Matematika Menginspirasi Andrea Hirata Menulis Guru Aini

Karena kecintaannya kepada matematika, Andrea Hirata pun ingin menuliskan kisah yang terinspirasi dari ilmu tersebut, dan hal ini terealisasikan melalui novel Guru Aini. Penulisan novel ini juga sekaligus untuk mengajak siswa-siswi di Indonesia yang takut dengan matematika untuk menyukai dan menekuni ilmu tersebut, seperti tokoh Aini yang mulanya membenci matematika namun berkeinginan keras untuk menguasainya.

Novel Guru Aini ini akan bercerita tentang seorang guru matematika bernama Bu Desi yang bekerja di sebuah wilayah pelosok. Ia memiliki kesempatan untuk dipindahtugaskan ke wilayah yang lebih layak, namun menolak kesempatan itu. Bu Desi memiliki idealisme sendiri, di mana ia lebih ingin untuk mengajar anak-anak miskin di sebuah wilayah bernama Ketumbi. Di luar perkiraannya, mengajar murid-murid di Ketumbi ternyata penuh tantangan, Bu Desi harus memiliki stok kesabaran ekstra. Apalagi setelah bertemu dengan seorang murid bernama Aini yang anti sekali dengan matematika namun memiliki keteguhan hati untuk bisa menguasai ilmu ini. Sebagai guru matematika di sana, mau tidak mau Bu Desi harus mengajari Aini sampai bisa. Bagaimana perjalanan Bu Desi menjadi guru di pelosok? Apakah Bu Desi berhasil mengajari Aini matematika sampai bisa? Baca kisahnya lebih lanjut di novel Guru Aini. Novel terbaru Andrea Hirata ini juga sekaligus menjadi wadah baginya untuk bicara soal matematika. (Nas)

 

Guru Aini, Andrea Hirata

Guru Aini sebagai kecintaan Andrea Hirata kepada matematika.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *