Tip Andrea Hirata bagi Para Penulis Pemula

Kalian suka menulis? Ingin menjadi penulis juga tapi kalian masih bingung harus mulai dari mana? Kebingungan untuk memulai memang menjadi masalah yang biasa dihadapi oleh orang yang baru mulai menekuni dunia menulis. Namun jangan khawatir, karena dalam artikel ini Bentang Pustaka akan memberikan tip bagi penulis pemula yang ingin menekuni dunia tulis-menulis dan ingin menjadi penulis andal. Orang yang memberikan tip ini juga bukan sembarangan. Pak Cik Andrea Hirata akan membagikan informasi menarik ini kepada kalian.

Andrea Hirata sendiri memberikan tip-tip kepenulisan bagi para pemula ini mengacu pada pengalamannya selama 15 tahun berkecimpung di dunia literasi. Sehingga tip darinya bisa kalian implementasikan secara langsung. Apa saja sih yang perlu dilakukan oleh penulis pemula saat ia akan menuliskan naskah pertamanya?

Menanamkan pada Diri Sendiri bahwa Kita Senang Bercerita

A good writer is a good storyteller. Ya, kemampuan bercerita dan berkisah adalah salah satu hal penting dan utama yang harus dimiliki oleh seorang penulis agar kariernya sukses di bidang ini. Kita bisa melihat contohnya pada sosok Andrea Hirata. Andrea Hirata merupakan salah satu penulis Indonesia yang memiliki kemampuan bercerita di atas rata-rata. Saat berkunjung ke kantor Bentang Pustaka pun terlihat sekali bahwa bercerita atau berkisah merupakan bakat alaminya. Ia senang menceritakan banyak hal, sehingga yang mendengarkan pun tidak bosan.

Hal tersebut juga tergambar saat ia menuangkan bakat berceritanya dalam bentuk tulisan. Bahasa yang mengalir, alur yang bernyawa, dan kisah yang terasa nyata selalu berhasil membius pembaca. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana jika kita tidak memiliki kemampuan bercerita? Tenang saja, jalan menjadi penulis masih lebar. Jika kemampuan bercerita tidak ada maka yang kita butuhkan adalah senang bercerita. Kalau kita senang bercerita dan melatihnya dengan rutin, kesenangan itu lama-lama menjadi sebuah kemampuan.

Percaya kepada Cerita

Tip “percaya kepada cerita” ini sebenarnya memiliki dua maksud. Maksud yang pertama adalah kamu harus percaya pada cerita. Apa maksudnya? Pernahkah kalian mendengar bahwa ada seseorang yang tidak menyukai buku-buku fiksi karena mereka menganggap bahwa membaca buku fiksi, yang isinya adalah cerita-cerita, merupakan kegiatan yang membuang-buang waktu? Ya, memang ada seseorang yang seperti itu, dan hal tersebut tidak dapat disalahkan. Namun, ketika kalian ingin menjadi penulis, apalagi penulis novel, haruslah percaya kepada cerita. Percaya bahwa ada banyak hal dan pelajaran yang bisa diambil dari cerita tersebut. Lalu maksud yang kedua adalah kalian harus percaya pada cerita yang kalian tuliskan, harus percaya diri dengan alurnya dan segala hal yang sudah terbentuk di sana. Jika kalian saja tidak percaya diri pada cerita yang kalian buat sendiri, bagaimana orang lain mau percaya?

Memiliki Tujuan yang Baik dengan Bercerita

Tip terakhir adalah kalian harus memiliki tujuan yang baik dengan bercerita. Apa maksudnya? Kalian membuat novel, bercerita, dan berkisah bukan hanya untuk keperluan mencari uang atau ketenaran, namun lebih dari itu. Kalian harus memiliki misi dan tujuan yang baik dengan cerita kalian. Tujuan-tujuan baik itu dapat berupa memotivasi orang lain melalui cerita kalian, menyumbangkan sebagian dari royalti yang kalian dapatkan untuk membangun pendidikan, atau yang paling sederhana adalah menyebarkan kebaikan melalui cerita kalian. Jika tujuan kalian untuk menulis buku ini baik, maka buku tersebut akan lebih mudah diterima oleh masyarakat dan biasanya lebih bermakna untuk masyarakat.

Itulah ketiga tip yang diberikan oleh Pak Cik Andrea Hirata bagi kalian para penulis pemula yang ingin menekuni dunia tulis-menulis. Pesan tambahan dari beliau, yang terpenting saat kita memilih untuk menekuni bidang ini adalah rasa sabar dan tidak mudah menyerah. Sabar untuk membangun cerita serta menyelesaikan naskah, dan tidak mudah menyerah bila naskah kita ditolak oleh penerbit.

Tip menulis oleh Andrea Hirata bisa didengarkan juga di Podcast Bentang melalui Spotify dan Google Podcast.  (Nas)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *