My First Hijaiyah Floor Puzzle Menstimulasi 5 Area Montessori

Puzzle adalah permainan bongkar pasang atau mengurutkan setiap keping gambar menjadi satu kesatuan gambar yang utuh. Dewasa ini, permainan puzzle terdapat banyak sekali macam dan peruntukkannya. Baik puzzle untuk anak-anak hingga puzzle untuk orang dewasa. Puzzle edukasi untuk anak-anak sendiri terdapat banyak sekali temanya, ada yang belajar huruf, pengenalan binatang, buah-buahan, berhitung, pengenalan anggota badan, dan sebagainya.

Berbicara mengenai puzzle sebagai sarana belajar anak, terdapat banyak sekali penelitian yang membahas tentang manfaat puzzle untuk tumbuh kembang anak. Di antara penelitian-penelitian tersebut, puzzle dipercaya dapat mengoptimalkan problem solving, melatih kesabaran, hingga melatih motorik anak sejak usia dini.

Saya jadi teringat akan produk puzzle hijaiyah yang saya “godok” konsepnya sejak akhir tahun 2019 kemarin bersama Tim Bentang Kids. Pada waktu itu, kami di Tim Redaksi Bentang Kids mencetuskan ide membuat produk edutoys untuk anak-anak Muslim yang sekiranya mudah dimainkan. Kemudian, untuk menambah nilai plus, kami ingin membuat produk yang dapat menstimulasi 5 area Montessori. Selain juga untuk melengkapi seri Montessori edutoys yang telah terbit sebelumnya, yaitu Montessori Edutoys: Berhitung Smart Box.

Produk puzzle tersebut saya beri nama My First Hijaiyah Floor Puzzle: Seri Binatang Lucu. Ini merupakan puzzle untuk membantu anak belajar huruf hijaiyah dengan kepingan puzzle ukuran besar bertema binatang-binatang lucu. Total ada 28 kepingan (sesuai dengan jumlah huruf hijaiyah), yang setiap huruf hijaiyah tersebut mewakili nama satu binatang. Misal huruf Alif untuk Arnabun yang berarti Kelinci.

Nah, apakah My First Hijaiyah Floor Puzzle ini benar-benar dapat menstimulasi 5 area Montessori? Mari kita breakdown satu per satu! Lima area Montessori itu sendiri terdiri atas: practical life (keterampilan hidup), sensorial, culture (budaya), language (bahasa), dan mathematic (matematika).

Practical Life

Pada saat bermain puzzle, anak-anak akan belajar mengoordinasikan gerakan tangan dan mata, melatih motorik halus, serta motorik kasar. Dari gerakan dan interaksi saat bermain puzzle, anak-anak akan terlatih untuk mengerjakan dan menyelesaikan masalah yang ia hadapi. Meski tampak sederhana, mengasah area Montessori “practical life” lewat permainan puzzle seperti ini sangat penting untuk perkembangan kecerdasan si kecil.

Sensorial

Sensorial adalah area dalam Montessori yang bertujuan mengoptimalkan indra anak. Pada saat bermain puzzle, anak-anak dapat meraba/merasakan tiap keping puzzle yang terdiri dari bermacam bentuk dan ukuran. Kemudian, anak-anak juga akan belajar memasang keping demi keping puzzle. Aktivitas tersebut bermanfaat untuk melatih perkembangan kognitif, menstimulasi motorik, serta mengoptimalkan indra anak, yaitu indra penglihatan dan peraba.

Culture

Lewat permainan menyusun puzzle, anak-anak akan belajar mengenal nama-nama binatang yang ada pada tiap keping puzzle. Pada My First Hijaiyah Floor Puzzle: Seri Binatang Lucu, nama-nama binatang ini mewakili setiap huruf hijaiyah dari huruf Alif hingga Ya. Selain nama binatang, anak-anak akan belajar mengenal bentuk masing-masing binatang. Ketika Anda menemani si kecil bermain, Anda juga bisa menambahkan diskusi untuk memperkaya pengetahuan si kecil seperti: “Ikan hidup di mana? Kalau bebek berenang di mana? Kelinci makan apa?” dan sebagainya. Area Montessori “culture” mencakup hal tersebut.

Language

My First Hijaiyah Floor Puzzle dapat mengasah area Montessori “language” juga, lo. Mengapa? Sebab, puzzle ini dilengkapi dengan kosakata (nama binatang) dalam 3 bahasa sekaligus, yaitu bahasa Arab, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Selain belajar nama binatang dalam 3 bahasa sekaligus, anak-anak juga akan belajar menghafal huruf hijaiyah dari huruf Alif hingga Ya. Dengan kata lain, My First Hijaiyah Floor Puzzle dapat menstimulasi kecerdasan multilingual, kemampuan verbal, serta memperkaya kosakata si kecil. Hal ini jelas tercakup dalam area Montessori “language”

Mathematic

Ketika menyusun puzzle, anak-anak akan belajar mengurutkan keping demi keping puzzle hingga menjadi satu kesatuan gambar yang utuh. My First Hijaiyah Floor Puzzle terdiri dari 28 keping yang mewakili jumlah huruf hijaiyah. Anak-anak dapat menyelesaikan puzzle dengan cara mengurutkan huruf hijaiyah dari Alif hingga Ya. Kegiatan mengurutkan ini menggambarkan “mathematic” dalam area Montessori. Permainan ini bisa mengoptimalkan kemampuan problem solving si kecil juga, lo.

Dari uraian di atas, My First Hijaiyah Floor Puzzle bisa dikatakan sebagai puzzle edukatif yang dapat menstimulasi 5 area Montessori. Saya berharap produk ini bisa diterima dengan baik, khususnya di kalangan orang tua Muslim, yang berniat mengajarkan huruf hijaiyah dengan cara yang mudah dan menyenangkan kepada anak-anaknya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *