fbpx

Cara Melatih Anak Mandiri

Belum banyak orang tua yang memahami bagaimana cara melatih anak mandiri sejak kecil. Banyak juga orang tua yang menginginkan anaknya bisa mandiri sedini mungkin. Kemandirian anak dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah pola asuh orang tua.

cara melatih anak mandiri

Photo: Pixabay

Anak yang terlalu dimanjakan dan selalu dituruti keinginannya oleh orang tua tentu akan tumbuh menjadi anak yang selalu bergantung kepada orang lain. Sebaliknya, orang tua yang terlalu banyak memberi larangan kepada anak justru membuat anak menjadi minder dan sulit percaya dengan dirinya sendiri. Jika sudah seperti ini, kemandirian anak akan sulit dicapai.

Melatih anak mandiri bukan hal yang mudah, karena orang tua perlu bersiap untuk menghadapi situasi-situasi yang kerap membuat lelah. Berikut beberapa cara melatih anak mandiri yang bisa diterapkan di rumah:

1. Biarkan Anak Bereksplorasi

Cara melatih anak mandiri yang pertama adalah izinkan anak bereksplorasi untuk mengenal lingkungannya. Masa saat anak berada di usia kurang dari 6 tahun biasanya mereka aktif sekali bergerak dan bertanya. Biarkan anak melakukan itu supaya mereka bisa belajar lebih banyak mengenai lingkungannya, sekaligus melatih kepercayaan diri. Hal ini sangat berpengaruh sekali untuk kemandiriannya.

Baca juga: Memberi Kepercayaan Pada Anak 

2. Melatih Anak Mandiri Tanpa Larangan

Anak yang sering bergerak aktif dan banyak bertanya biasanya akan membuat orang tua jengkel. Alhasil orang tua justru menyuruhnya diam. Larangan orang tua inilah yang akan mengecilkan rasa percaya diri anak. Cara lain yang bisa dilakukan orang tua untuk melatih anak mandiri adalah dengan menghindari larangan untuk anak. Meskipun begitu, orang tua tetap harus bisa tegas supaya anak tetap bisa belajar baik dan buruk.

3. Lakukan Stimulasi Sejak Dini untuk Melatih Anak Mandiri

Stimulasi merupakan tahapan penting dalam pertumbuhan anak, terutama untuk anak usia dini. Masa usia dini adalah waktu penting yang memberikan pengaruh besar terhadap tumbuh kembangnya di masa depan. Stimulasi yang baik dan maksimal sejak dini bisa membantu menciptakan kemandirian pada anak.

Stimulasi menjadi kebutuhan setiap anak supaya perkembangan mereka bisa maksimal. Penuhi kebutuhan stimulasi anak supaya tumbuh kembang mereka bisa maksimal dan kemandirian anak bisa tercapai. Ketahui lebih lanjut mengenai tips melakukan stimulasi untuk anak usia dini melalui buku Hari-Hari Montessori untuk Anak Usia Dini. Ikuti prapesannya di sini atau di Mizanstore.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta