Merawat Hewan Peliharaan Sebagai Aktivitas Montessori

Dalam metode pendidikan montessori, lingkungan menjadi salah satu komponen utama yang mendukung perkembangan anak. Montessori menekankan anak untuk bisa belajar dari alam dan memahami unsur kehidupan yang terlibat di dalamnya. Anak bisa mempelajari hal tersebut di lingkungan sekitar rumah, salah satunya melalui hewan peliharaan. Berikut ini beberapa manfaat dari hewan peliharaan bagi anak, sebagai sebuah aktivitas pembelajaran ala montessori.

Melatih Observasi

Anak-anak memiliki rasa penasaran yang besar. Mereka akan menunjukkan ketertarikan untuk memahami benda atau mahluk hidup yang ada di sekitarnya. Hewan peliharaan bisa menjadi pendukung latihan observasi si kecil. Selain anak bisa berinteraksi dengan aman, hewan peliharaan juga selalu berada di sekitar rumah sehingga anak bisa mengamati secara bertahap dan rutin. Hal ini bisa dimulai dengan pengamatan kecil, seperti mengamati bentuk dan warna hewan, serta suara yang mereka buat.

Melatih Tanggung Jawab

Jika anak sudah mengenal hewan peliharaan dan menunjukkan ketertarikan, biasanya mereka juga akan memiliki keinginan untuk ikut merawat hewan tersebut. Ini adalah kesempatan yang bagus untuk melatih tanggung jawab anak. Misalnya anak diajari kapan seharusnya memberi hewan peliharaan makan dan minum tiap harinya, kapan mereka harus dimandikan, kapan mengajak mereka bermain atau berjalan-jalan keluar.

Hewan Peliharaan sebagai Pengenalan Sains

Lewat hewan peliharaan, anak bisa mengenal sains secara sederhana. Tanpa disadari, mereka sebetulnya sedang mempelajari teori dan konsep sains yang terdapat dalam buku-buku pelajaran. Misalnya dengan memelihara hewan, mereka bisa belajar tentang bagaimana mahluk hidup tumbuh dan berkembang biak ketika akhirnya hewan itu beranak-pinak.

Menumbuhkan Empati dan Kemanusiaan

Poin yang tak kalah penting dalam pendidikan adalah pembentukan karakter dalam diri anak. Dengan merawat hewan peliharaan, anak bisa memahami alam dan lingkungan sebagai sesuatu yang harus dijaga dan disayangi. Selain itu, mereka bisa  membentuk suatu ikatan yang bisa menumbuhkan rasa kepedulian terhadap mahluk lain. Jika nilai-nilai ini tertanam sejak dini, maka akan terbentuk karakter pribadi yang positif dalam diri anak dan akan terbawa hingga ia besar nanti.

 

Lalu, bagaimana jika di rumah tidak ada hewan peliharaan? Para orang tua tidak perlu khawatir. Anak-anak masih bisa belajar melalui lingkungan sekitar, asalkan kita mau ikut membimbing dan mendukung mereka.  Misalnya kita bisa mengajak anak memberi makan sekawanan burung ketika berjalan-jalan di taman sambil menjelaskan hal-hal yang menarik perhatian mereka. Tak hanya dengan hewan peliharaan, masih ada banyak ide aktivitas menarik lainnya dalam buku Montessori Play and Learn oleh Lesley Britton. Semuanya mudah untuk kita aplikasikan di rumah bersama si kecil. Yuk, segera baca bukunya!

Buku Montessori Play and Learn oleh Lesley Britton

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *