Daftar Sekolah Montessori di Indonesia

Montessori merupakan metode pengasuhan anak yang sedang trending, bahkan banyak sekolah Montessori bermunculan di Indonesia. Para orang tua, psikolog anak, maupun pengajar anak usia dini berbondong-bondong mempelajari metode Montessori. Bukan karena latah, tetapi metode Montessori memang ampuh meningkatkan perkembangan anak.

Montessori kali pertama ditemukan oleh Maria Montessori. Beliau merupakan seorang dokter perempuan pertama di Italia. Metode Montessori muncul karena Maria Montessori melihat bahwa tumbuh kembang anak tidak hanya diukur dari perkembangan fisik, tetapi juga kecerdasan karakter dan kreativitas. Kemudian, Maria Montessori mencetuskan simulasi motorik dan sensorik yang pada akhirnya dikembangkan menjadi metode Montessori.

Untuk mengaplikasikan metodenya, Maria Montessori membangun sekolah Montessori pertama yang diberi nama “Children House” di San Lorenzo, Roma dengan nama aslinya “Casa de Bambini.” Children House menaungi anak-anak telantar berusia 3 sampai 7 tahun.

Kesuksesan Children House membuat filosofi Montessori diminati banyak orang. Maria Montessori pun mulai menyebarluaskan metode Montessori. Salah satu cara Maria Montessori menyebarkan filosofi Montessori adalah dengan menulis buku Montessori seperti buku Dr. Montessori’s Own Handbook yang ditulis oleh Maria Montessori. Buku tersebut sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia melalui Penerbit Bentang Pustaka.

Sekarang, “Children House” sudah menjamur di mana-mana, bahkan Indonesia. Bukan hanya sekolah Montessori, Indonesia juga memiliki berbagai komunitas Montessori. Montessori memang metode pengasuhan yang tidak hanya dapat diterapkan oleh orang tua, tetapi juga praktisi pendidikan anak usia dini. Para praktisi tersebut dapat menggunakan metode Montessori untuk meningkatkan 5 area utama Montessori: budaya, matematika, kecakapan hidup sehari-hari, sensorial, dan bahasa.

Lima area utama Montessori juga bisa diasah dengan aktivitas Montessori. Aktivitas Montessori ini dipraktikkan di setiap sekolah Montessori maupun di rumah dan dikembangkan oleh para Montessorian. Efektivitas metode Montessori membuat banyak orang tua memercayai sekolah Montessori untuk tumbuh kembang anak. Berikut beberapa sekolah Montessori di Indonesia.

  1. Jakarta Montessori School

Jakarta Montessori School berada di Jakarta Selatan dan sudah berdiri selama lebih dari 30 tahun. Sebagai sekolah Montessori, Jakarta Montessori School menerapkan prinsip Montessori dan memperhatikan perkembangan fisik, mental, sosial, dan emosional anak, bukan hanya nilai akademis semata. Akreditasi sekolah ini juga tidak perlu dipertanyakan lagi. Sekolah ini sudah terakreditasi sebagai sekolah Montessori dan telah menerima akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Indonesia. Menariknya lagi, Jakarta Montessori School tergabung dengan Montessori Council di Amerika dan Montessori Australian Foundation. Ada 3 jenjang sekolah di JMS, yaitu jenjang Ibu dan Balita, Balita, Pra-sekolah dan Tingkat Dasar.

Visi:

Jakarta Montessori School menyediakan hormat, memelihara lingkungan Montessori di mana anak-anak dapat mencapai potensi penuh mereka, menjadi seumur hidup-pelajar, dan global-warga.

Misi:

  • Menciptakan lingkungan belajar yang melayani kebutuhan perkembangan holistik anak.
  • Menginspirasi anak-anak, untuk berjuang untuk keunggulan dalam semua aspek kehidupan mereka.
  • Membantu anak-anak mendapatkan kualitas yang dibutuhkan untuk menjadi peduli, penuh kasih pemimpin dalam bidang apa pun mereka memilih dan memperlengkapi mereka dengan tidak hanya pengetahuan tetapi cinta dunia di mana mereka hidup.
  • Mendorong anak-anak untuk menjadi pembelajar seumur hidup yang mengakui dan merayakan perbedaan antara orang keduanya nasional dan global.
  • Memiliki tubuh siswa yang mencerminkan semua lapisan masyarakat dan memiliki nasional serta perspektif global.
  • Membuat sebuah sekolah yang menjadi inspirasi untuk semua pendidik.

Kontak:

Alamat: Jl. Durian 10, Jagakarsa, South Jakarta 12620

Telp. : +62 21 727 2162

Email: admin@jakartamontessori.com

Website: Jakarta Montessori School

Instagram: @jakartamontessorischoolid

 

  1. Jogjakarta Montessori School

Jogjakarta Montessori School merupakan program sekolah dasar yang berada di kabupaten Sleman, Jogjakarta. Sekolah ini berada di bawah naungan yang sama dengan Bambini Montessori yang merupakan sekolah anak usia dini. Jogjakarta Montessori School menggunakan kurikulum Montessori yang dipadukan dengan kurikulum nasional Indonesia. Sekolah ini juga merupakan sekolah bilingual yang aktif mengaplikasikan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Kontak:

Alamat: A.M. Sangaji 68B, Yogyakarta and Lempongsari 136B, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta

Website: bambini.sch.id

E-mail: bambini@bambini.sch.id

Instagram: @jogjakartamontessori

Facebook: Jogjakarta Montessori School

 

  1. Kinderworld Montessori

Kinderworld Montessori merupakan angota dari International Montessori Council. Sekolah ini merupakan sekolah preschool dan TK dan menerima anak usia 18 bulan hingga 6 tahun. Selain menerapkan Montessori, Kinderworld Montessori juga memasukkan program musik ke dalam kurikulumnya. Kinderworld Montessori sekarang menjadi pusat musikgarten yang membantu anak untuk mengekspresikan diri dan mengeksplor perasaan mereka. Kinderworld Montessori berpusat di Jakarta Barat dan memiliki cabang di BSD.

Kontak:

Alamat: Jl. Pulau Kelor Blok A2 – 5, Taman Permata Buana, Jakarta Barat

Website: kinderworldmontessori.com

Telp.: 021-58301971

Instagram: @kinderworld.bsd

 

  1. Sekolah Cherry Montessori Harapan

Sekolah Cherry Montessori Harapan terdiri atas beberapa tingkatan, yaitu playgroup, kindergarten, elementary school, dan junior high school. Kualitas dari sekolah ini juga terjamin karena sudah terakreditasi “A.” Lokasi sekolah yang berada di depan Pasar Modern Harapan Indah Bekasi menambah keunggulan sekolah ini karena strategis.

Kontak:

Alamat: Boulevard Harapan Indah 2 Blok RV 2 No.10, RT.10/RW.8, Pusaka Rakyat, Kec. Tarumajaya, Bekasi, Jawa Barat 17214

Website: cherrymontessori.sch.id

Telp.: 0816-1643-635

Instagram: @cherrymontsch

Orang tua tidak perlu ragu untuk memasukkan anak ke sekolah Montessori karena sekolah Montessori di Indonesia berkualitas dan benar-benar menerapkan filosofi Montessori. Untuk memilih sekolah Montessori, orang tua wajib tahu tingkatan anak, apakah di playgroup atau kindergarten. Selain itu, orang tua tetap harus jeli melihat kurikulum, pengajar, dan fasilitas sekolah supaya anak mendapatkan fasilitas terbaik, tentu sesuai budget orang tua.

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Baca juga: Daftar Sekolah Montessori di Indonesia […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *