fbpx

Dampak Buruk Toilet Kotor

Toilet adalah salah satu fasilitas penting yang harus ada di rumah maupun di tempat umum. Tidak heran jika toilet menjadi salah satu tempat yang cukup sering digunakan sehingga menjaga kebersihan toilet wajib dilakukan. Karena toilet kotor membawa dampak buruk untuk kesehatan juga bagi kenyamanan penggunanya.

Sebaiknya membersihkan toilet tidak perlu menunggu sampai toilet kotor. Lebih baik apabila dijadwalkan sepekan sekali atau bahkan setiap hari. Jika toilet jarang dibersihkan maka toilet yang sudah telanjur kotor akan lebih susah untuk dibersihkan.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kebersihan Toilet

dampak toilet kotor

Dampak buruk toilet kotor akan dipaparkan dalam poin-poin berikut ini:

  1. Menyebabkan kecelakaan akibat lantai licin

Toilet kotor bisa memakan korban akibat terpeleset. Toilet memang menjadi tempat yang rawan, karena lantainya sering basah oleh air. Belum lagi lantai yang licin karena jarang disikat. Untuk mengurangi kecelakaan akibat terpeleset, sebaiknya dicegah dengan sering menyikatnya supaya tidak licin. Terpeleset di toilet selain bisa menyebabkan cedera, dampak paling buruk bisa menyebabkan kematian.

  1. Menimbulkan bau tidak sedap

Bau yang tidak sedap kerap sekali menjadi ciri khas toilet kotor. Bau tidak sedap ini tentu saja menimbulkan ketidaknyamanan untuk penggunanya. Bagi beberapa orang, bau tidak sedap ini bisa menyebabkan mual perut. Untuk itu penting sekali menyiram toilet supaya bau tidak sedap akibat sisa-sisa pembuangan tubuh bisa hilang.

  1. Menyebabkan timbulnya penyakit

Banyak sekali penyakit yang bisa timbul sebagai dampak toilet kotor. Penyakit yang paling umum adalah diare. Selain itu, toilet kotor juga bisa menyebabkan hepatitis A, demam tiroid, disentri, kolera, cacingan, tifus, dan penyakit lainnya.

Untuk menjaga kebersihan toilet di rumah, perlu kerja sama seluruh anggota keluarga. Termasuk anak-anak juga perlu diajari untuk menjaga kebersihan toilet sejak dini. Buku Cican Bisa ke Toilet Sendiri karya Wahyu Aditya direkomendasikan untuk dibaca oleh anak-anak, sehingga mereka bisa belajar untuk menjaga kebersihan toilet dan hal-hal yang harus dilakukan saat buang air di toilet. Dapatkan di sini atau di toko buku kesayanganmu.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta