fbpx

Menjadi Teladan Bagi Anak

Sebagai orang tua tentu selalu menginginkan anaknya menjadi pribadi yang unggul dan berkepribadian baik. Sering kali orang tua baik secara sadar maupun tidak, memerintah anak-anaknya untuk melakukan ini dan itu. Hal tersebut semata-mata bertujuan untuk membentuk anak-anak menjadi anak yang baik dan tidak nakal. Namun, sebenarnya dibandingkan menyuruh mereka melakukan ini itu, menjadi teladan bagi anak adalah jalan terbaik untuk membentuk kepribadian mereka.

menjadi teladan bagi anak

Ya, menjadi teladan bagi anak bukanlah hal yang mudah. Terkadang para orang tua masih saja melakukan hal-hal buruk yang sebetulnya tidak ingin hal tersebut dilakukan oleh anaknya. Misalnya, setelah menggunakan sandal atau sepatu, kita tidak langsung meletakkannya di rak. Sedangkan orang tua menginginkan anaknya selalu meletakkan barang-barang di tempat semula setelah digunakan. Anak-anak akan susah menuruti karena kita, sebagai orang tua saja, tidak melakukan hal tersebut. Orang tuanya belum bisa menjadi teladan bagi anaknya.

Menjadi Orang Tua juga Belajar

Pada dasarnya menjadi orang tua juga mengalami tahapan belajar. Sehingga yang belajar di keluarga, tidak hanya anak-anak kita. Termasuk salah satunya menjadi teladan bagi anak adalah proses belajar yang harus dilakukan oleh orang tua kepada anaknya.

Dalam buku A-Z Tanya Jawab Montessori & Parenting, Rosalynn Tamara menuliskan bahwa anak memiliki kecenderungan untuk meniru perbuatan orang dewasa. Oleh karena itu, anak-anak akan lebih sulit diberikan nasihat atau disuruh ini itu. Namun, mereka cenderung mudah menirukan perbuatan orang tuanya. Maka dari itu, menjadi teladan bagi anak merupakan hal yang patut diperhatikan apabila kita ingin anak-anak kita memiliki kepribadian unggul.

Baca juga: Sulit Mengajari Anak Disiplin?

Coba perhatikan, misalnya pada suatu waktu kita sedang mengelap meja, tiba-tiba anak kita berinisiatif melakukan hal yang sama. Atau ketika kita selalu menggosok gigi sebelum tidur, si kecil akan meniru perbuatan kita tersebut. Hal itu lebih mudah dilakukan daripada kita menyuruhnya untuk menggosok gigi, sedangkan kita tidak melakukannya. Menjadi teladan bagi anak adalah cara yang efektif untuk menanamkan kepribadian baik pada dirinya.

Banyak sekali hal menarik seputar parenting yang perlu diketahui para orang tua, selain menjadi teladan bagi anak. Semuanya sudah terangkum dengan baik di buku A-Z Tanya Jawab Montessori & Parenting karya Rosalynn Tamara. Buku ini bisa didapatkan di sini atau di toko buku kesayangan anda.

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] (Baca juga artikel terkait: Menjadi Teladan Bagi Anak) […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta