Tips Mempersiapkan Kelahiran Bayi

Kehadiran bayi merupakan salah satu hal yang paling dinantikan oleh pasangan baru. Agar kehadiran si kecil bisa membawa keceriaan lebih bagi keluarga, ada baiknya orang tua mempersiapkan kelahiran bayi dengan baik dan maksimal.

Tips Mempersiapkan Kelahiran Bayi

Salah satu hal hebat yang diyakini oleh prinsip Montessori yaitu bahwa setiap anak bukan wadah kosong yang mesti diisi oleh orang tua. Bahkan termasuk bayi sekalipun. Setiap manusia yang lahir ke dunia telah membawa potensi mereka masing-masing. Orang tua tinggal menuntun dan mengarahkan mereka untuk menemukan potensi hebat tersebut. Sehingga persiapan kelahiran bayi menjadi hal penting untuk bisa mempelajari bayi yang akan menjadi anggota keluarga baru.

 

Alih-alih mempersiapkan perlengkapan dan kamar bayi, persiapan diri sebagai orang tua menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Orang tua perlu merawat diri sendiri dulu sebelum merawat manusia lain. Berikut akan diurai tips mempersiapkan diri untuk menyambut kelahiran bayi:

  1. Persiapan Intelektual

Pertama, orang tua perlu mempersiapkan pengetahuan mengenai perkembangan dan kebutuhan anak. Persiapan ini bisa dilakukan dengan membaca buku, browsing di internet, maupun mengikuti webinar pengasuhan anak. Dari semua sumber tersebut tentu akan banyak sekali informasi yang diperoleh, yang kadang justru membuat kita kewalahan. Maka, orang tua perlu selektif memilih hal-hal yang sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.

 

  1. Persiapan Fisik untuk Mempersiapkan Kelahiran Bayi

Dibutuhkan energi yang cukup banyak untuk merawat bayi. Tidak jarang orang tua justru jatuh sakit jika kelelahan dalam mengasuh bayi. Maka kebutuhan fisik perlu diperhatikan supaya bayi tetap mendapat pengasuhan yang maksimal dari kedua orangtuanya. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik di antaranya memperhatikan asupan nutrisi, olahraga rutin, serta istirahat yang cukup.

 

  1. Persiapan Emosional dan Spiritual

Depresi pascamelahirkan adalah salah satu hal yang cukup sering dialami oleh para ibu. Dukungan dari lingkungan, seperti suami, ibu, ayah, maupun mertua akan sangat membantu mengondisikan emosional ibu supaya tetap tenang. Jangan sungkan untuk meminta pertolongan jika membutuhkan, serta banyak berbagi dan bercerita kepada teman-teman sesama ibu. Memang persiapan kelahiran bayi tidak hanya dilakukan oleh calon orang tua saja, namun juga lingkungan sekitar dan keluarga.

 

Baca Juga: Manfaat Mengajak Bayi Berbicara

 

Mempersiapkan kelahiran bayi mungkin terkesan sulit dan rumit, namun tidak menutup kemungkinan bisa menjadi mudah bagi sebagian orang tua. Kehadiran buku The Montessori Baby bisa menjadi salah satu pilihan untuk mempersiapkan kelahiran si kecil. Buku karya Simone Davis dan Junnifa Uzodike ini bisa didapatkan di sini atau di toko buku terdekat kesayangan Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta