Perbedaan Kebiasaan Mandi Masyarakat di Setiap Negara

Walaupun sebuah kewajiban, kebiasaan mandi di setiap negara berbeda-beda. Ada yang rajin mandi, ada juga yang mandi hanya beberapa kali dalam satu bulan. Mandi sudah menjadi kebiasaan dan norma sosial sehingga memungkinan setiap negara memiliki kebiasaan mandi yang berbeda.

Mandi merupakan upaya orang untuk menjadi sehat dengan menjaga kebersihan. Selain itu, mandi juga berpengaruh untuk menjaga imun tubuh, meringankan sakit dan nyeri otot, meningkatkan aliran darah, mencegah pembengkakan, meningkatkan konsentrasi, mengurangi kelelahan, dan memudahkan pernafasan. Bukan hanya kesehatan, orang mandi juga untuk mencegah bau badan yang tidak sedap, membantu orang untuk benar-benar bangun dan rutinitas pagi biasa seperti olahraga. Namun, seperti dikutip pada laman Medical News Today, banyak orang yang mandi untuk menyesuaikan diri dengan standar kebersihan dan penampilan masyarakat.

Karena mandi bergantung dengan standar kebersihan masyarakat setempat, tidak aneh jika kebiasaan mandi disetiap negara berbeda-beda. Faktor iklim dan musim di setiap negara memengaruhi kebiasaan mandi masyarakat setempat. Untuk masyarakat di daerah tropis, mereka akan cenderung lebih sering mandi karena mendapat ekspos matahari yang berlebih. Sementara itu, negara empat musim akan lebih jarang mandi. Berikut adalah kebiasaan mandi di setiap negara:

  1. Jepang

Orang Jepang lebih sering mandi malam hari daripada pagi hari. Mereka tidak membiasakan diri untuk mandi saat pagi hari karena mereka tidak berkeringat setelah bangun tidur. Mereka lebih suka mandi sauna saat malam hari untuk relaksasi setelah lelah bekerja seharian.

  1. Brasil

Orang Brasil pada umumnya mandi 12x dalam seminggu. Bahkan, mereka sebenarnya bisa mandi lebih banyak daripada itu. Mereka menganggap mandi 5x sehari itu normal. Orang Brasil juga sering menawari mandi kepada tamunya.

  1. Amerika Serikat

Paling tidak, mereka akan mandi sehari sekali. Hal ini dikarenakan Amerika Serikat memiliki empat musim. Ketika musim dingin, mereka tidak perlu terlalu sering mandi.

  1. Prancis

Kebiasaan mandi orang Prancis beragam. Kebanyakan, mereka mandi dua hari sekali. Namun, ada juga yang mandi setiap tiga hari sekali hingga satu minggu sekali. Walaupun frekuensi mandi mereka termasuk jarang, mereka masih tetap menjaga penampilan mereka, terutama yang berhubungan dengan fashion.

  1. Indonesia

Indonesia termasuk dalam kategori negara yang sering mandi. Seperti yang kita tahu, kita mandi sehari dua kali. Hal ini dikarenakan iklim tropis yang membuat kita lebih mudah gerah dan berkeringat.

 

Perbedaan frekuensi mandi yang bervariasi bukanlah sebuah masalah. Frekuensi mandi merupakan referensi masing-masing pribadi. Mandi sering maupun jarang, sama-sama dapat mengakibatkan kulit menjadi kering, iritasi, dan gatal. Yang paling utama dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan adalah merawat kebersihan bagian bawah tubuh dan kebersihan tangan. Untuk anak kecil, orang tua perlu sadar akan kebutuhan mandi anak. Sebagai orang yang tinggal di Indonesia, alangkah baiknya untuk membiasakan anak mandi dua kali sehari karena mandi dua kali sehari lebih dapat menjamin kebersihan anak sehingga sangat berpengaruh terhadap kesehatan anak, terutama pada periode aktif anak ketika anak lebih banyak bergerak.

Menyuruh anak untuk mandi merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Mereka akan lebih suka menyisihkan waktunya untuk bermain daripada mandi. Untuk mengakalinya, orang tua dapat memberi contoh kepada anak yang dapat menunjukan betapa pentingnya mandi. Contoh tersebut bisa diambil dari lingkungan sekitar maupun dari buku anak. Tujuannya supaya anak sadar bahwa jarang mandi akan berdampak pada kesehatan mereka.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *