10 resep membuat certa populer wattpad

10 Resep Membuat Cerita Populer di Wattpad

Kenapa harus tahu resep agar ceritamu menjadi cerita populer Wattpad? Saat ini banyak penulis yang tertarik menulis di Wattpad. Selain sebagai wadah menulis yang praktis, di sana juga disediakan fitur yang membuat penulis bisa berkomunikasi langsung dengan pembaca. Semakin banyak pembacanya, penulis akan semakin termotivasi menulis sekaligus belajar dari pembaca. Nah, bagaimana agar ceritamu menjadi cerita populer Wattpad?

Asri Aci, Ciinderella Sarif, dan Inge Shafa berbagi ilmunya tentang mempromosikan cerita di Wattpad. Kisah-kisah yang telah mereka tulis mendapat tempat spesial di hati pembaca. Di antaranya, Shea, Perfect Couple, Orion, dan Raya. Mereka membocorkan tip agar ceritamu populer di Wattpad pada acara Kulwap Menulis Cerita Fiksi Belia bersama penulis High School Series, Jumat (27/3/2020) lalu.

Berikut ini adalah 10 tip promosi cerita di Wattpad.

  1. Harus aktif di media sosial untuk mempromosikan ceritamu.

Memiliki akun media sosial tentu harus dimanfaatkan. Dalam hal promosi, media sosial sangat berperan penting dalam menambah jumlah pembaca. Karena itu, coba unggah tentang ceritamu di feed Instagram atau Instastory. Lalu, jangan lupa dijadikan highlight (sorotan). Apa saja unggahannya? Unggah hal-hal yang berhubungan dengan ceritamu, quotes, jadwal update, spoiler update chapter selanjutnya, dan lain-lain. Jangan lupa ketika update feed, beri tahu pengikutmu melalui story.

  1. Perbanyak komunikasi dengan pembaca.

Balaslah komentar pembaca sesering mungkin. Memberikan respons positif kepada pembaca membuatmu lebih dicintai. Lakukan juga kegiatan-kegiatan seperti siaran langsung, update di feed, dan bercerita melalui story di Instagram.

  1. Jadi Social Butterfly, perbanyak ruang lingkup pertemanan.

Social Butterfly yang dimaksud adalah jago bersosialisasi dan mudah bergaul dengan banyak kalangan. Untuk meningkatkan jumlah pembaca, kamu harus bisa beradaptasi dan mencari rekan penulis sebanyak mungkin. Gunanya untuk saling bantu dalam promosi.

Saling mempromosikan akan membuatmu mendapatkan keuntungan. Dia akan mendapatkan pembacamu dan sebaliknya. Ini bisa dilakukan dengan ikut masuk ke komunitas penulis.

  1. Memiliki akun Roleplayer untuk ceritamu.

Memiliki akun Roleplayer membuatmu mendapat media tambahan sebagai kanal promosi. Adanya akun Roleplayer membuat ceritamu seakan nyata dengan adanya interaksi tokoh dengan pembaca. Pembaca senang berinteraksi dengan Roleplayer, saling berbalas komentar dan mendapat teman baru meskipun secara virtual.

  1. Menggunakan visual untuk cerita.

Jika kamu terlalu malas untuk membuat akun Roleplayer, setidaknya buatlah visual untuk setiap tokoh di cerita. Biasanya pembaca menyukai hal seperti itu, karena mereka bisa dengan mudah membayangkan bagaimana gambaran tokoh yang ada di dalam cerita. Carilah tokoh yang enak dipandang, sesuaikan dengan karakter di ceritamu.

  1. Jangan pernah promosi di kolom komentar cerita orang lain.

Mempromosikan cerita di kolom cerita orang adalah hal yang tidak sopan. Meskipun promosi harus dilakukan dengan segala cara, harus tetap dengan etika dan tidak merugikan orang lain.

  1. Konsisten dalam meng-update cerita (memiliki jadwal update).

Memiliki jadwal update setidaknya 2 kali dalam seminggu. Dengan konsistensi meng-update, otomatis rank ceritamu akan naik dan cepat menambah viewers. Jangan pernah meninggalkan cerita terlalu lama, apalagi jika kamu penulis baru. Jangan juga publish-unpublish, hal tersebut membuat pembaca bosan dan kesal. Beri tahu alasan mengapa kamu tidak bisa update.

  1. Menggunakan kover yang menarik.

Kover yang menarik itu bagaimana? Lihat contoh penulis yang cukup memiliki banyak karya, biasanya mereka membuat sendiri atau mengorder kover dari beberapa ilustrator.

JANGAN GRATISAN!

Biasanya ada ilustrator yang mematok harga untuk kover yang dipesan, tapi ada juga ilustrator yang dibayar dengan bentuk apresiasi. Untuk mengedit kover sendiri, unduh beberapa aplikasi mengedit foto dan cari tutorialnya.

  1. Sinopsis yang ditulis harus menarik dan membuat orang penasaran ingin membacanya.

Selain kover, pembaca pun tak jarang tertarik membaca sebuah cerita karena sinopsisnya. Buatlah sinopsis semenarik mungkin, simpel dan membuat penasaran. Jangan membuat sinopsis yang terlalu berlebihan.

  1. Menarik perhatian pembaca lewat judul.

Jangan membuat judul yang susah dan sangat asing juga panjang. Judul yang demikian membuat orang lain susah mengingatnya terlebih jika kamu penulis baru. Buatlah judul sesimpel mungkin dan jika harus panjang gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti (bahasa asing yang umum). Bisa juga menggunakan nama si pemeran tokoh seperti “Orion”, atau dua nama digabung. Bisa juga bahasa inggris yang mudah dimengerti seperti “Perfect Couple”.

 

Detail banget, ya, resep dari ketiga penulis ini? Yuk, segera dipraktikkan! ^^

Baca juga: Belajar Bikin Dialog Novel dari Just a Friend to You 

Kamu juga bisa mendapatkan buku-buku High School Series karya ketiga penulis di atas di sini, ya! Sedang ada Mizan Merdeka Book Fair yang diskonnya 25-90% di sana. Jadi, tunggu apa lagi? Baca buku sekaligus belajar menulis kisahmu sendiri. ^^

Dilasari

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Baca juga: 10 Resep Membuat Cerita Populer di Wattpad […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *