Tip Meracik Plot Novel dari Ega Dyp

Plot atau alur cerita merupakan salah satu poin terpenting dalam novel. Dengan plot yang menarik, novelmu akan semakin susah untuk diletakkan. Pembaca akan ketagihan. Bagaimana membuat plot yang seru seperti itu?

Ega Dyp, penulis Just a Friend to You, Yasa, Resist Your Charm, dan When Love Walked In berbagi ilmunya tentang plot dalam novel. Ega membocorkan tip meracik plot dalam novel pada acara Kulwap Menulis Cerita Fiksi Belia bersama penulis High School Series pada Jumat (27/3/2020) lalu.

Berikut ini rangkuman materi plot dalam novel oleh Ega Dyp.

Plot pada umumnya dibagi ke dalam tiga bagian, yaitu awal cerita, pertengahan cerita, dan akhir cerita. Ketiga bagian ini harus saling berkelindan dengan baik agar jalan cerita menjadi apik dan tidak membosankan.

Bagian Plot: Awal Cerita

Awal cerita berisi perkenalan atau bagian yang memberikan informasi terkait isi cerita. Jadi, di sini pembaca akan diajak berkenalan dengan tokoh-tokoh, latar belakang sosial, usia, dan lain-lain. Awal cerita biasanya juga menjelaskan bagaimana karakter utama mulai bereaksi.

Contoh: Yasa adalah siswa SMA Nusa Cendekia. Kehidupannya di sekolah awalnya terasa normal, tetapi semenjak kedatangan Daza, adik kelasnya saat SMP, hari-harinya di SMA jadi terasa seperti bencana. Daza selalu mengejar cintanya, bersikap tidak tahu malu, dan melakukan hal-hal ajaib yang bikin Yasa jadi superjengah. Sebisa mungkin Yasa mencari cara agar Daza berhenti mengganggu hari-harinya.

Bagian Plot: Pertengahan Cerita

Pertengahan cerita disebut juga bagian pemicu konflik. Di sini, terdapat rangkaian kejadian yang membuat tokoh dalam cerita mengalami permasalahan. Rangkaian konflik ini nantinya menuju ke klimaks atau bagian di mana situasi makin menegang atau puncak dari permasalahan. Klimaks adalah momen-momen penting dalam tulisan, di mana pembaca mengalami pengalaman puncak emosi ataupun rasa ingin tahu yang paling tinggi.

Contoh: Berkat usahanya, Yasa berhasil membuat Daza berhenti mengganggunya, bahkan cewek itu mulai bersikap dingin kepadanya. Namun, kegembiraannya nggak bertahan lama karena Yasa mengetahui sebuah fakta yang menyangkut Daza sehingga membuatnya merasa sangat bersalah. Yasa mencari cara untuk memperbaikinya, tapi Daza sudah telanjur sakit hati olehnya.

Bagian Plot: Akhir Cerita

Everything comes up, would comes down.

Bagian akhir cerita adalah bagian di mana penulis menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di tengah cerita. Hingga mencapai akhir yang bisa saja happy, sad, atau pula menggantung.

Beberapa tip membuat plot dari Ega Dyp.

  • Punya ide cerita yang kuat dan pesan yang hendak disampaikan.
  • Buat pembukaan cerita yang membuat pembaca penasaran.
  • Hindari pembukaan cerita dengan menjelaskan rutinitas seperti bangun pagi, datang ke sekolah, dan lain-lain. Akan lebih baik kalau dimulai dari bahasan yang menarik atau adegan yang sudah menunjukkan adanya konflik.
  • Eksplorasi kegiatan-kegiatan yang memungkinkan dalam cerita.
  • Contohnya di dalam cerita teen fiction, bukan hanya menceritakan kegiatan di sekolah, bisa ditambahkan kegiatan study tour, nongkrong di kafe, melakukan hobi, dan lain-lain.
  • Hapus adegan yang tidak perlu.
  • Hindari membuat adegan yang tidak memengaruhi jalan cerita. Setiap adegan ada baiknya saling terkait satu sama lain dan berkesinambungan, usahakan jangan bertele-tele. Menambah halaman berarti semakin melangkah menuju akhir cerita.
  • Adegan demi adegan disampaikan dengan gaya bercerita yang menarik sehingga pembaca tidak bosan.

Terakhir, sebagai penutup, Ega menuturkan, “Gaitlah pembaca pada halaman pertama dengan menyuguhkan pembukaan yang menarik dan tidak membosankan, ajak pembaca berkenalan dengan tokoh, karakter dan lingkungannya, kemudian arahkan pada konflik dan klimaks yang dapat memainkan emosi pembaca, lalu tutup dengan ending yang mengesankan.”

Selamat bersenang-senang meracik plot dalam novelmu!

Baca juga: 10 Resep Membuat Cerita Populer di Wattpad

Novel-novel karya Ega Dyp, yaitu Just a Friend to You, High School Series: Yasa, Resist Your Charm, dan When Love Walked In bisa kamu dapatkan di sini, ya!

Dilasari

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *