Sharing Tip Menulis di Era Digital: LOG IN LOG OUT

Berlangsung sharing tip menulis di Gedung Budi Mukti Dharma Industri Solo, event LOG IN LOG OUT (02 November 2019) berjalan lancar dan menyenangkan. Sahabat Belia sangat antusias dengan LOG IN LOG OUT yang pertama kali diselenggarakan ini. Tentunya, LOG IN LOG OUT akan hadir di banyak kota lainnya. Setelah Solo, LOG IN LOG OUT akan hadir di Semarang, Jogja, serta Jabodetabek.

Event LOG IN LOG OUT pertama ini menghadirkan dua pembicara yaitu dua penulis Belia yang jauh-jauh datang dari Semarang. Risma Ridha Annisa penulis Happy Birth-Die dari seri novel Belia Writing Marathon 3 dan Inge Shafa penulis RAYA dari series High School Series.  Keduanya sangat antusias dan tidak sabar bertemu para pembaca serta fans mereka.

Apa Sih, LOG IN LOG OUT?

LOG IN LOG OUT adalah event yang diselenggarakan oleh Belia Bentang untuk mempertemukan pembaca dengan penulis. Diskusi, sharing, dan tentunya tanya-jawab dari para pembaca ataupun penulis pemula untuk para penulis yang sudah berhasil menerbitkan novelnya di Belia Bentang. Topik-topik tentang bagaimana cara menulis di era digital. Seperti yang sudah diketahui, para penulis Belia adalah penulis-penulis muda yang mampu tumbuh dan berhasil di era digital seperti saat ini. Platfrom-platfrom menulis seperti Wattpad adalah kemudahan teknologi sekaligus kesulitan tersendiri yang tentu saja membutuhkan fokus dan ketekunan.

LOG IN LOG OUT: Wadah Berbagi untuk Pembaca Maupun Penulis

LOG IN LOG OUT hadir untuk membantu para penulis pemula yang ingin memulai kariernya menulis di era digital.  Bagi para penulis, event ini sangat bermanfaat karena memberikan wadah untuk berbagi, dan meningkatkan semangat terus belajar menjadi penulis yang lebih cakap lagi di era digital. Seperti sama-sama kita ketahui, era digital berkembang sangat cepat setiap harinya.

Tidak hanya dihadiri Sahabat Belia, event LOG IN LOG OUT kemaren juga dihadiri seorang ibu rumah tangga muda. Beliau datang jauh dari Klaten, membawa dua anak serta suaminya. Beliau beberapa kali mengajukan pertanyaan pada penulis tentang kesulitan-kesulitan saat menulis dan tips-tips menulis. Saat ditanya, beliau ingin mengajarkan bagaimana menulis yang baik untuk anak-anaknya kelak saat mereka sudah besar.

LOG IN LOG OUT pertama di Solo berakhir dengan sangat menyenangkan. Dua dari para peserta yang hadir mendapatkan hadiah novel Happy Birth-Die dan Raya – High School Series karena menjawab dengan sangat baik pertanyaan, “Kalau kamu jadi penulis di era digital ini, apa yang akan kamu lakukan agar karyamu dilirik editor?”

Sharing Tip Menulis di Era Digital dari Risma Ridha Annisa dan Inge Shafa

Dalam sesi talkshow pertama dengan topik “awal menulis di wattpad” Risma dan Inge juga menambahkan tiga tips menulis untuk para pemula yang ingin mengawali karir menulisnya melalui platfrom digital seperti wattpad. Menurut Risma Ridha, penulis pemula harus mulai menulis rutin minimal dua baris perhari, mencari ide atau tema yang anti mainstream, dan terakhir sering melatih diri dengan ikut lomba. Tiga tip lainnya dari Inge Shafa yaitu sama seperti tip pertama dari Risma, konsisten dan rajin. Selanjutnya, jangan pernah memikirkan berapa banyak jumlah pembaca atau komentar-komentar yang tidak baik terus menulis apa pun yang ada di otak kamu sampai naskahmu selesai. Terakhir, menulis itu bebas. Jadi, fokus dengan apa yang akan kamu tulis.

 

The next LOG IN LOG OUT are you ready?

Bulan November ini, akan hadir lagi LOG IN LOG OUT kedua di kota Semarang! Yeayyyyyy!!! Sahabat Belia yang ada di Semarang dan sekitarnya stay tune dan ikutin terus social media dari Bentang Belia. Karena ada banyak sekali manfaat serta keseruan dalam event ini. Sayang banget kan kalau gak ikutan? Sampai jumpa di Semarang ya! Kira-kira siapa ya pembicara buat LOG IN LOG OUT selanjutnya?

 

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *