Novel Andrea Kenapa Selalu Bertema Pendidikan?

Novel-novel Andrea Hirata selalu bertema pendidikan. Penggemar karya-karya Andrea Hirata pasti sudah hafal dengan hal ini. Namun, tidak banyak yang tahu alasan di balik kegemarannya menulis novel tentang pendidikan. Bahkan Pak Cik, demikian panggilan akrabnya, pernah mengatakan ia tak mau jauh-jauh dari tema itu. Wah, kira-kira apa alasan Pak Cik selalu ingin menulis novel bertema pendidikan, ya, Sahabat Bentang? Bagi kalian yang penasaran, kami punya jawabannya, nih!

Ingin Memberikan Manfaat

Membahas pendidikan berarti juga membahas mengenai kehidupan dan masa depan. Tentunya, membahas mengenai kehidupan dan masa depan dalam sebuah novel diharapkan mampu memberikan manfaat serta pembelajaran kepada para pembaca. Spirit itulah yang ingin selalu ditunjukkan oleh Pak Cik dalam karya-karyanya.

Berkontribusi untuk Membangun Semangat dan Kesadaran Masyarakat

Bagi seorang Andrea Hirata, bahasan tentang pendidikan adalah napas dari setiap karya yang ia tulis. Tumbuh dan besar di sebuah wilayah yang hampir tak tersentuh terangnya pelita pendidikan, namun di sisi lain ia mendapatkan dukungan dari keluarganya untuk tetap bersekolah, membuatnya memiliki keinginan untuk membagikan semangat mencari ilmu dalam keterbatasan tersebut kepada masyarakat. Dengan begitu, ia juga berharap bisa berkontribusi untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan.

Keinginan untuk Ikut Serta Aktif Membangun Minat Baca dan Tulis Masyarakat

Salah satu misi penting yang dibawa oleh para penulis, termasuk Andrea Hirata, adalah ikut berpartisipasi dalam membangun minat baca dan tulis di kalangan masyarakat. Baginya, pendidikan adalah persoalan yang sangat nyata dalam masyarakat, sehingga mengangkat cerita tentang pendidikan di daerah-daerah terpencil dalam sebuah novel inspiratif, diharapkan mampu menarik perhatian masyarakat sekaligus membangun minat baca dan tulis mereka. Andrea juga mendirikan Museum Kata di kampung halamannya sebagai upaya meningkatkan minat baca-tulis orang-orang Belitong.

Itulah alasan utama seorang penulis besar seperti Andrea Hirata kerasan menulis novel dengan ide cerita terkait pendidikan. Ia tidak mengkhawatirkan kemungkinan pembaca akan bosan dengan tema tersebut, karena dalam setiap novelnya, selalu ada cerita dan ide baru yang segar. Salah satunya akan kalian temui di novel Guru Aini, yang merupakan prekuel dari novel Orang-Orang Biasa. Bisa dipastikan kalian akan menemukan kegetiran, kesedihan, sekaligus semangat dari guru dan murid dari desa di dalamnya. Novel Guru Aini bisa didapatkan di mizanstore.com selama masa pre-order dari tanggal 20-29 Januari 2019. (Nas)

Guru Aini, Andrea Hirata

Guru Aini karya terbaru Andrea Hirata

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *