Ragam Pengertian Musik dari Para Tokoh Novel Brianna dan Bottomwise

Sobat Bentang, gimana ya rasanya kalau hidup ini engga ada musik?. Betapa hampanya aktivitas kita kalau ngga ada musik. Apalagi keragaman musik mulai dari musik tradisional, musik dangdut sampai yang cadas musik rock memberi warna tersendiri dalam perjalanan hidup setiap orang. Kita tak bisa memungkiri pengertian musik dalam perjalanan hidup seseorang. 

Pengertian musik yang ngga hanya sekedar hiburan

Pengertian musik adalah bahasa universal yang dapat dipahami dan dirasakan oleh banyak orang. Tak hanya dapat dinikmati oleh penyanyi, guru musik atau musisi. Musik dapat dinikmati oleh siapa saja. Namun, tokoh-tokoh dalam novel Brianna dan Bottomwise karya Andrea Hirata menikmati dan memaknai musik dengan pengertian musik  yang beragam. 

 

Beragam tokoh dalam novel Brianna dan Bottomwise memiliki latar belakang, kisah hidup dan kenangan tersendiri dengan musik. Pemahaman perihal musik, luas dikisahkan dalam novel  terbaru karya Andrea Hirata ini. Tema musik dalam novel Brianna dan Bottomwise adalah untuk semua orang. Setiap tokoh dalam novel ber-cover merah ini memberikan kisah dan makna tersendiri perihal apa itu musik.

Musik adalah hal yang membuatmu terinspirasi 

Sebelum menjadi detektif swasta yang bertugas mencari gitar Vintage Sunburst 1960, Brianna hanyalah pembuat waffle di Waffle House. Gitar musisi idolanya hilang sehingga ia nekat melamar sebagai detektif swasta, menemani Bottomwise dalam misi pencarian gitar milik musisi rock ternama. Tak pernah ada pengalaman sebagai detektif sebelumnya. 

 

Bagi Bottomwise, Brianna juga tak dapat diandalkan. Namun, karena musisi idolanya kehilangan gitar yang identik dengan idolanya itulah Brianna nekat menguji kemampuan dirinya dalam pencarian gitar yang ternyata rumit. Musisi idola dan karyanya adalah inspirasi hidup bagi Brianna.

Musik adalah obat bagi jiwa yang sakit dan pikir yang lupa 

Pak Mu hanyalah seorang pesuruh dari band sirkus keliling yang terkenal pelupa. Walaupun pelupa, ia sigap jika disuruh menggulung kabel, membereskan alat musik, hingga membuat kopi untuk para anggota band sirkus. Namun, Pak Mu merasa sangat bahagia apabila berada di tengah alat-alat musik. Ia bahkan merasa kecewa dengan sikap sang gitaris anggota band sirkus yang sembarangan memperlakukan alat musiknya.

 

Hingga akhirnya Pak Mu yang mengidap penyakit demensia itu berani memainkan kembali sebuah gitar yang mampu mengingatkan sosok Ibu dan Ayahnya milik anggota band sirkus. Musik mampu memulihkan jiwa dan membangkitkan kenangan karena pikir yang lupa. Musik juga memiliki manfaat medis dan psikis bagi kinerja saraf dan jiwa melalui terapi musik. Oleh sebab itu, wajar saja ya Pak Mu yang demensia bisa langsung mengingat keluarganya hanya karena alat musik.

 

Baca Juga: Perjalanan Musik dalam Novel Brianna dan Bottomwise

Musik adalah hal yang dapat memberimu harapan 

Kondisi ekonomi keluarga Alma tak karuan. Ibunya sudah bekerja keras berjualan nasi. keluarganya terlilir hutang sana-sini akibat ulah Ayahnya yang gemar berjudi. Alma memiliki bakat musik yang luar biasa yang membuat seluruh orang di sekolahnya ternganga. Ia tak memiliki gitar untuk mengasah bakatnya. Untuk bisa bermain dan berlatih gitar milik tetangganya, Alma harus mencuci tiga buah sepeda motor untuk dapat bermain gitar selama 30 menit. 

 

Karena musik lah hidup Alma yang selama ini senantiasa mengalah dan terkenal dengan anak yang diam jadi memiliki harapan. Musik lah yang membuat jantungnya berdegup, membuat Ia yakin bahwa Ia bukanlah manusia yang senantiasa harus mengalah. Ia tak ingin kalah dalam menikmati musik walaupun Ayahnya (dengan dalih membayar hutang) telah merampas cinta pertamanya, gitar pemberian Ibu.

 

Membicarakan musik ternyata tak hanya sekedar alat musik dan lagu. Ada beragam kisah yang membuat setiap orang “hidup” karena musik. Novel ini syarat akan kisah inspiratif dari beragam tokoh yang memiliki latar belakang yang beragam. Mulai dari tokoh yang tak punya bakat musik dalam keluarganya tapi kekeuh ingin punya orkes Melayu, seorang musisi rock band ternama yang kehilangan gitar kesayangannya, hingga musisi yang dilupakan zaman karena penyakit demensia. 

 

Semua kisah ini dapat Sobat Bentang nikmati dalam novel Brianna dan Bottomwise. Novel ini menyajikan perjalanan bermusik yang seru karena melibatkan dua detektif perempuan. Novel ini unik karena mengawinkan kisah detektif, pencurian alat musik, dan perjalanan bermusik sebagai musisi. Pastikan membeli buku asli ya agar awet. Info produk bisa dicek langsung di Shopee Bentang Official Shop, ya!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - Bentang Pustaka