Penerapan Praktis Metode Montessori dalam Pendidikan

Metode Montessori selalu menjadi pilihan bagi orang tua maupun guru dalam penerapan pengasuhan anak. Montessori memang bisa memberikan kontribusi penting pada dunia pendidikan, baik untuk anak-anak kelas menengah maupun kelas bawah. Dalam penerapan metode Montessori di ranah pendidikan, terdapat dua hal yang perlu dibahas. Pertama, yaitu ketersediaan guru dan kedua adalah persoalan biaya. Kedua hal ini kemudian akan dibandingkan dengan sistem pendidikan lainnya.

 

Baca juga: Memberi Kepercayaan pada Anak

 

Ketersediaan Guru Montessori

Ketika kita membahas guru, ada dua pendekatan yang bisa dilakukan, yaitu melatih guru baru atau memberikan pelatihan untuk guru yang sudah berpengalaman. Namun, kedua pendekatan ini memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Hal paling efektif yang bisa dilakukan adalah perpaduan keduanya. Guru baru yang tidak perlu meninggalkan kebiasaan lama mungkin akan lebih siap menerima dan lebih cakap dalam menjalankan filosofi dan praktik Montessori.

Guru-guru yang sudah berpengalaman perlu diyakinkan terlebih dahulu bahwa pendidikan Montessori memang merupakan pendekatan mengajar yang lebih baik ketimbang pendekatan yang telah mereka kenal. Setelahnya, barulah guru yang sudah berpengalaman diberikan pelatihan Montessori.

Di sisi lain, kita perlu melihat keadaan guru saat ini. Mereka digaji dalam jumlah yang sedikit, dibebani banyak tanggung jawab, dan tidak dihargai. Selain itu, mereka juga berada dalam posisi yang sangat melelahkan, yaitu harus mengontrol dan mendominasi anak-anak. Akibatnya, para guru menjadi patah semangat karena mustahil bagi mereka bisa memenuhi tuntutan tersebut. Tuntutan ini membuat mereka harus menggiring, mendorong, dan menarik perhatian seluruh murid sebagai satu kesatuan.

Guru yang telah berpengalaman barangkali menyambut baik kesempatan untuk mendalami pendekatan mengajar baru yang akan membebaskannya dari beban tersebut. Hal ini disebabkan pada hasil observasi bahwa guru-guru yang pernah melihat praktik metode Montessori memang tertarik pada teknik dan bahan ajar Montessori yang dinilai efektif.

 

Biaya Pendidikan Montessori

Kebanyakan orang menganggap bahwa dalam penerapan praktik Montessori membutuhkan biaya operasional lebih tinggi daripada pendekatan-pendekatan pendidikan yang lain. Anggapan ini muncul karena beberapa alasan. Pertama, sekolah Montessori umumnya adalah lembaga pendidikan usia dini. Guru-guru Montessori kebanyakan memiliki latar belakang pendidikan yang setara dengan guru SD dan bekerja sehari penuh. Oleh sebab itu, mereka mendapat gaji lebih tinggi dibandingkan guru TK.

Kedua, kelas Montessori mengharuskan adanya sistem asisten guru sehingga hal ini menambah komponen biaya operasional. Ketiga, aparatus Montessori menarik dan didesain dengan gaya modern sehingga terkesan lebih mahal dari yang sebenarnya. Harga satu set aparatus untuk tiga puluh anak hampir setara biaya yang dibutuhkan oleh tempat penitipan anak yang menyediakan wahana bermain anak. Perbedaannya, peralatan Montessori tidak perlu sering diganti dan diperbaiki karena kualitasnya bagus dan anak-anak diajari untuk menggunakan dengan baik.

 

 

Dalam kelas Montessori, penentu bahwa kelas tersebut efektif dan sesuai dengan filosofi adalah sikap guru terhadap anak-anak dan dirinya sendiri. Selain sikap seperti itu, guru juga perlu memiliki akses terhadap aparatus-aparatus Montessori. Jika tidak punya, guru bisa mengadaptasi bahan-bahan ajar yang ia punya atau membuatnya sendiri.

Pada praktiknya, metode Montessori yang selama ini kita anggap membutuhkan biaya yang mahal karena guru dan juga aparatus, tidak selalu benar. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan kembali perihal biaya. Selain itu, filosofi dan praktik Montessori efektif diberikan kepada anak, terutama untuk menggali potensi mereka.

Montessori Seni Menggali Potensi Anak Sejak DiniMelalui buku Montessori: Seni Menggali Potensi Anak Sejak Dini yang ditulis oleh Paula Polk Lillard, kita akan mempelajari filosofi dan praktik Montessori yang dapat diterapkan orang tua atau guru perihal potensi anak. Pertanyaan kita seputar cara untuk menggali potensi anak tanpa menghalangi langkah mereka akan dikupas habis dalam buku ini. Dapatkan sekarang melalui linktr.ee/Bentang atau dapatkan di toko-toko buku kesayanganmu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *