fbpx

Pentingnya Menjaga Kebersihan Diri kepada Anak

Dalam keseharian kita, menjaga kebersihan diri adalah hal yang penting. Toilet menjadi tempat paling privat dan tempat untuk membersihkan diri. Memahami untuk menjaga kebersihan toilet dan juga diri sendiri perlu diajarkan sejak dini. Anak-anak yang belum memahami pentingnya kebersihan diri dan toilet tentu perlu diajarkan secara perlahan.

menjaga kebersihan diri

Mengapa Perlu Menjaga Kebersihan?

Pikiran anak selalu dipenuhi dengan tanda tanya dan hal-hal yang sulit ia mengerti. Tentu ia akan bertanya apa pentingnya menjaga kebersihan diri dan kebersihan toilet? Mengapa ia perlu membersihkan dirinya setelah menggunakan toilet? Mengapa ia perlu menyiram toilet sehabis menggunakannya? Kita juga perlu menyiapkan jawaban yang bisa anak mengerti dengan mudah.

Ketika anak bertanya apa pentingnya mengajar kebersihan diri seperti membuang air di toilet dan mencuci tangan, kita bisa memberi tahu mereka perihal kuman. Kuman selalu ada di setiap tempat dan tidak bisa dilihat dengan mata. Ia bisa menyebabkan penyakit dan juga membuat orang di sekitar kita ikut merasakan sakit. Seperti virus, kuman bisa menular kepada orang lain dan membuat mereka menjadi sakit.

Membiasakan anak untuk menjaga kebersihan toilet tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga orang lain. Dengan menjaga kebersihan toilet, kita tidak hanya membuat diri sendiri lebih nyaman, tetapi juga orang lain yang akan menggunakannya. Kebersihan diri pun demikian. Untuk membuat diri kita terlihat bersih dan merasa nyaman, kita perlu memulainya dari diri sendiri.

Langkah-Langkah Menggunakan Toilet

Anak perlu mengetahui langkah-langkah saat menggunakan toilet. Jangan sampai anak mengira bahwa semuanya serba otomatis atau bergantung pada oran tua untuk membersihkan toilet. Hal ini jika dibiarkan bisa membuat kebiasaan anak yang tidak bersih dan bisa merugikan orang-orang di sekitarnya. Bagaimana langkah-langkah menggunakan toilet secara sederhana kepada anak?

  1. Buka celana anak
  2. Duduk dan buang air
  3. Bersihkan dan keringkan
  4. Pakai lagi celana anak
  5. Siram toilet
  6. Cuci tangan

Langkah-langkah ini tentu harus terus-menerus diingatkan kepada anak setiap kali mereka ke toilet. Selain menjaga kebersihan diri, perlu ditekankan pula kebersihan toilet dengan cara menyiram toilet.

Cican Bisa ke Toilet Sendiri Rep

Membicarakan tentang kemandirian anak ke toilet dan membersihkan diri, serial Cican juga hadir untuk mengedukasi anak perihal kemandirian ke toilet. Buku serial anak karya Wahyu Aditya ini tidak hanya menghadirkan tokoh-tokoh menggemaskan seperti Cican dan Cini, tetapi juga pesan-pesan serta edukasi yang akan mudah diterima anak-anak. Dua buku serial Cican yang membahas tentang kemandirian dan kebersihan diri berjudul Cican & Cini Bisa Cuci Tangan Sendiri dan Cican Bisa ke Toilet Sendiri akan hadir kembali pada bulan April dan Mei.

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Baca juga: Mengajarkan Pentingnya Menjaga Kebersihan Diri kepada Anak […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta