fbpx

Memandang Dunia Politik Lewat Rapijali

politik di rapijali

Dunia politik di Rapijali tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Manusia hidup dalam tataran masyarakat yang terstruktur dan tertib dengan dipimpin oleh seorang pemerintah. Hal itu dekat sekali dengan politik. Namun, ketika pembahasan tentang politik muncul, sering yang terbayang oleh kita adalah pembahasan yang pelik, besar, dan alot.

Dunia Politik dalam Rapijali

Melalui novel Rapijali 2: Menjadi, Dee Lestari seolah sedang berusaha untuk membantah stigma bahwa politik di Rapijali adalah pembahasan yang sulit. Guntur, salah satu tokoh dalam Rapijali 2: Menjadi, adalah seorang politikus yang sedang mencalonkan diri sebagai gubernur DKI Jakarta. Pembaca Rapijali 2: Menjadi akan diajak untuk melihat kehidupan politikus melalui tokoh Guntur. Pembaca juga akan mengetahui tentang tantangan-tantangan yang dirasakan seorang politikus dalam menyusun kampanye.

Menariknya, pembahasan tentang politik ini dikemas oleh Dee Lestari menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Selain itu, Dee Lestari tidak hanya menggambarkan sisi Guntur sebagai politikus, tetapi juga sisinya yang manusiawi sebagai manusia apa adanya.

Guntur yang Manusiawi

Sebagai seorang politikus, seseorang tentu harus memiliki personal branding yang bagus. Ia sepatutnya memiliki wibawa dan siap tampil di depan umum kapan saja. Karena perannya adalah sebagai pemimpin, seorang politikus tidak jarang harus selalu mampu terlihat kuat di depan banyak orang terlepas dari masalah pribadi yang ia hadapi. Kurang lebih demikianlah penggambaran tokoh Guntur dalam novel Rapijali 2: Menjadi. 

Bagian yang menarik adalah Dee Lestari tidak hanya menggambarkan keseharian Guntur sebagai politikus. Dee Lestari juga menceritakan Guntur dalam kehidupan sehari-seharinya sebagaimana manusia pada umumnya. Ada part di mana Guntur merasa sedih atas masalah yang dihadapi. Ada pula masa ketika Guntur hanyut dalam perasaan sepi. Dalam beberapa bagian, tampak bahwa Guntur mengalami masalah dalam urusan rumah tangganya. Masalah yang paling besar tentu adalah fakta bahwa Guntur merupakan ayah kandung Ping.

Penceritaan tokoh Guntur yang apik dalam novel Rapijali 2: Menjadi ini menunjukkan pada pembaca bahwa manusia, siapa pun itu, juga tetap memiliki sisi manusiawi. Tidak ada manusia yang sempurna tentunya. Semua orang punya masa lalu, masalah, emosi, dll.

Penasaran dengan kisah Guntur? Simak selengkapnya hanya di Rapijali 2: Menjadi.

 

-Putri Maulita

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta