Belajar Berhitung Mudah? Berikut Caranya

Belajar berhitung memang sebuah momok bagi anak-anak. Hanya segelintir orang yang tidak mengeluh saat mendengar kata berhitung atau matematika. Bukan hanya momok bagi anak, belajar berhitung juga merupakan tantangan bagi orang tua. Pasalnya, membantu anak belajar berhitung tidaklah mudah.

Sayangnya, berhitung adalah kemampuan yang wajib dimiliki semua orang. Dengan kemampuan tersebut, minimal kita bisa menghitung uang kembalian, menjumlah total belanjaan hingga menjadi seorang akuntan. Mau tidak mau, anak harus mau mempelajarinya.

Mengasah kemampuan berhitung sendiri bisa dimulai dari mengenal angka, menyebutkan angka terkecil hingga terbesar atau sebaliknya, membedakan jumlah yang lebih banyak dan sedikit hingga menghitung benda satu persatu. Untuk dapat mengajari anak berhitung, banyak cara kreatif dan menyenangkan yang bisa guru maupun orang tua terapkan. Berikut beberapa rekomendasi cara belajar berhitung yang mudah dan menyenangkan.

  1. Belajar Berhitung dengan Games di Gadget

Semakin berkembangnya teknologi, semakin beragam pula risiko yang dapat dialami anak. Sisi terangnya, teknologi bisa menjadi media belajar yang canggih. Salah satunya yaitu melalui games atau permainan di gadget. Saat ini games yang dapat diunggah anak bukan hanya games untuk bersenang-senang seperti PUBG dan Mobile Legend. Banyak juga games edukatif yang membantu anak belajar berhitung. Belajar melalui games memang menyenangkan, mudah, hingga gratis. Namun, orang tua perlu tetap mengontrol durasi anak bermain gadget supaya tidak mengakibatkan kecanduan hingga merusak mata.

  1. Alat Peraga Edukatif (APE)

APE merupakan alternatif paling sering digunakan oleh guru maupun orang tua untuk membantu anak belajar. Contoh APE untuk belajar berhitung adalah sempoa dan puzzle. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan hasil bahwa APE dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Daripada menggunakan cara tradisional seperti menghitung dengan jari, menulis di kertas, ada baiknya jika orang tua berkreasi pula dengan APE.

  1. Belajar Berhitung dengan Montessori Edutoys

Montessori edutoys pada dasarnya merupakan sebuah alat peraga edukatif. Bedanya, Montessori edutoys dirancang sesuai metode Montessori. Metode Montessori adalah metode pembelajaran yang dirancang supaya anak dapat belajar mandiri dengan kreatif melalui pembelajaran langsung. Dalam metode Montessori, orang tua atau guru hanya bertugas untuk memandu dan mengawasi. Selain itu, Montessori edutoys juga mengoptimalkan 5 area sasaran Montessori pada anak yatu matematika, bahasa, budaya, kecakapan hidup sehari-hari, dan sensorial.

Jadi, Montessori edutoys bukan hanya sekedar APE. Belajar berhitung dengan Montessori edutoys sama saja dengan menyelam sambil minum air. Selain dapat mengajarkan anak berhitung dengan menyenangkan dan mudah, anak juga dapat mengembangkan area lainnya.

Baca juga: Menerapkan Matematika dalam Kegiatan Sehari-hari

Dari ketiga metode tersebut, Montessori Edutoys merupakan cara yang paling aman dan efektif untuk mengajari anak berhitung. Bahkan sudah banyak Montessori edutoys yang dipasarkan di Indonesia. Salah satunya adalah Berhitung Smart Box Montessori Edutoys yang dibuat oleh Bentang Kids. Di dalamnya terdapat movable numbers, papan tracing dan wipe and clean, lambang hitung, kartu angka, hingga token apel yang membuat anak lebih cepat menguasai hitungan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *