fbpx

Manfaat Pengamatan Terhadap Bayi

Pengamatan terhadap bayi

 

Memahami bayi harus dimulai dengan membentuk bonding dengan mereka sedini mungkin. Saat bayi masih dalam kandungan pun, seorang ibu perlu memulai komunikasi dengan bayi. Dalam memahami bayi, kita perlu melakukan pengamatan terhadap bayi. Tidak hanya agar mengenal mereka lebih dekat, tetapi ada manfaat lain yang bisa kita dapatkan.

 

Baca juga: Tiga Alasan Kita Mencintai Bayi

 

Memahami dan Mengikuti Perkembangan Bayi

Ketika telah berusaha mengamati bayi, kita akan memahami dan mengikuti perkembangan mereka. Kita bisa menyadari perubahan-perubahan kecil dalam kemampuannya. Ketika menyadari perubahan tersebut, kita bisa menyediakan lingkungan serta kegiatan yang memberikan tantangan yang tepat bagi bayi.

Selain itu, kita juga bisa mengetahui rintangan apa saja yang menghambat gerakan, komunikasi, dan kegiatan bayi. Jika bayi kita rasa kurang mandiri, kita bisa mengenali faktor yang menghambat kemandirian bayi. Melalui pengamatanlah kita bisa mengetahui apakah kecenderungan manusiawi bayi sudah dipupuk atau belum.

 

Pengamatan Membuat Kita Menyadari Usaha dan Kemampuan Bayi

Saat melakukan pengamatan terhadap bayi, kita juga perlu mengamati apakah bayi berinteraksi dengan lingkungannya atau tidak. Kemudian, kita juga perlu melihat apakah bayi menggunakan indranya untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Melalui pengamatan ini, kita bisa mulai menyadari apa usaha yang sedang dilakukan bayi.

Begitu kita menyadari usaha yang sedang dilakukan oleh bayi, kita juga akan menyadari kemampuan mereka. Dari sini, kita bisa mulai mengenali periode sensitif bayi. Kita akan menyadari minat dan kegiatan apa yang menjadi konsentrasi bayi. Selain itu, kita pun mulai melihat apa saja hal yang terus-menerus bayi kembalikan, ulangi atau justru bayi menaruh konsentrasi di bidang tersebut.

 

Melalui pengamatan terhadap bayi, kita bisa mengenal dan memahami bayi kita lebih jauh dan mampu membantu saat mereka butuhkan. Pengamatan ini akan lebih baik lagi jika kita lakukan tanpa harus ikut campur tangan terlalu banyak. Dengan mengamati secara seksama, kita benar-benar memahami setiap gerakan yang dilakukan bayi dan hal apa yang berusaha mereka sampaikan. Kita bisa memaknai semua ini lebih dalam dan bisa membuat kita lebih dekat lagi dengan bayi. Hal ini karena bayi akan berpikir bahwa orang tua atau orang terdekatnya, benar-benar memahami mereka.

 

Montessori Baby coverMelalui buku The Montessori Baby karya Simone Davies dan Junnifa Uzodike dan telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia ini, kita bisa belajar memahami bayi seutuhnya dan juga menemukan alasan mengapa kita begitu mencintai bayi. Hal-hal sederhana yang dilakukan bayi barangkali tidak pernah kita pikirkan, namun melalui buku ini penulis mengajak kita untuk memahami mereka lebih dalam lagi. Buku ini bisa kamu dapatkan di linktr.ee/Bentang atau di toko buku terdekat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta