Menerapkan Matematika dalam Kegiatan Sehari-hari

Kita dapat menerapkan matematika dalam kegiatan sehari-hari. Anak-anak membangun koneksi pertama mereka terhadap angka lewat cara-cara paling sederhana: menghitung satu sampai sepuluh ketika bermain petak umpet, menghitung balok-balok mainan yang ditumpuk, dan lain-lain.

Mengajarkan matematika kepada anak usia dini adalah tantangan tersendiri. Kita tidak tahu apakah anak akan tertarik mempelajari hal tersebut, apakah anak sudah siap atau belum, atau bagaimana anak akan menangkap pembelajaran yang dilemparkan kepadanya.

Cara mengakalinya bisa dengan menerapkan matematika dalam kegiatan sehari-hari.

Baca juga: Akibat Sering Konsumsi Makanan Manis Bagi Anak

 

Mengajak Anak ke Supermarket

Supermarket menyediakan banyak kesempatan untuk menerapkan matematika. Menghitung jumlah barang yang dimasukkan ke keranjang (“Kita beli beras satu kilo.”), mencari dan menemukan lokasi rak tertentu (“Buah ada di rak ketiga dari sini.”), menghitung kapan makanan kedaluwarsa, memperkirakan harga yang tertera di rak, dan lain-lain.

 

Memasak di Rumah

Memasak dapat memanfaatkan sejumlah keterampilan matematika. Misalnya, pilih resep dengan jumlah sajian lebih kecil dari jumlah anggota keluarga, lalu minta anak mendobelkan resepnya untuk seluruh anggota keluarga. Anak juga belajar menakar, menimbang, dan mengira-ngira jumlah bahan yang dibutuhkan.

 

Menghitung Angka dalam Perjalanan

Ke mana pun kita melayangkan mata, angka ada di mana-mana. Ajak anak menghitung jumlah mobil yang lewat, jam dinding di toko, atau sepatu yang berjejer di depan pintu. Variasikan cara anak menghitung dengan menanyakan hal-hal seperti, “Ada berapa pasang sepatu yang kamu lihat?”

Belajar Sambil Bermain

Supaya kegiatan belajar tidak membosankan, kita bisa menggunakan permainan sebagai variasi. Terdapat banyak mainan anak untuk memfasilitasi tujuan ini: boardbook, boardgame, kartu, dan lain-lain.

Salah satu permainan untuk belajar matematika adalah Berhitung Smart Box: Montessori Edutoys. Keistimewaan mainan anak ini ada di metode Montessori yang dipakai. Berhitung Smart Box didesain untuk mengasah lima area parenting Montessori: practical life, sensorial, culture, language, dan mathematic. Anak dapat belajar berhitung sekaligus menulis, mengenal konsep ganjil dan genap, juga mengasah kemampuan motorik halus.

Berhitung Smart Box ini tersedia di Mizanstore.

0replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *