Perpisahan, Maudy Ayunda Terbitkan Buku Anak Kedua

Maudy Ayunda, buku anak Maudy Ayunda, Kina Story, Kina Makes A New Friend

Menjelang keberangkatan studi S2-nya di Standford University, Maudy Ayunda terbitkan buku anak kedua dari series Kina Story dengan mengangkat tema Diversity.

Berjudul Kina Makes A New Friend, kisah yang ditulis Maudy Ayunda kali ini berfokus pada konflik yang bisa ditemukan anak-anak ketika di sekolah. Melalui penggambaran tokoh utama Kina, pembaca akan menemukan kisah yang jauh lebih segar dan berproses dari buku sebelumnya, yaitu  Kina and Her Fluffy Bunny. Terdapat tokoh baru seperti Anya dan Lulu, yang siap mengajak pembaca menilik kembali pembawaan alami mereka dalam menyikapi perbedaan. Dimulai dari hal sederhana seperti dalam lingkup pertemanan.

Tema Diversity / Keberagaman, dipilih Maudy Ayunda sebagai kerangka penulisan buku anak keduanya. Sebab dirinya percaya jika konsep keberagaman sangat penting untuk mulai dikenalkan kepada anak-anak sejak dini. Agar kelak saat dewasa, mereka tumbuh menjadi pribadi yang toleran, empati, serta bijak dalam menyikapi disekitar mereka.

Untuk itu dalam sinopsisnya, Maudy Ayunda menyisipkan pesan manis kepada para pembaca sebagai berikut.

“Our world needs people who seek to understand, rather than assume without knowing. Here Kina learns to embrace change and not judge others.”

Sederhana namun juga lugas. Maudy Ayunda ingin buku anak keduanya ini bisa diterima tidak hanya untuk kalangan anak-anak saja namun juga oleh para pembaca remaja dan orang dewasa. Sebab dalam kisahnya, Maudy Ayunda menekankan nilai-nilai keberagaman secara eksplisit melalui karakter baru yang dimunculkan. Adalah Anya si pemalu berwajah oriental dan Lulu si gadis energik khas warga Indonesia bagian timur.  Orang tua diajak untuk mulai membiasakan anak-anak tidak berburuk sangka sejak dini. Singkatnya mau berteman dengan siapa saja.

Sedangkan secara implisit, keberagaman dijelaskan sebagai sebuah konsep yang sangat mudah dipahami, tetapi sulit dipraktikkan. Kondisi inlah yang dirasa Maudy Ayunda masih menjadi persoalan hingga saat ini. Alhasil kisah yang sempat ditulisnya saat berusia 10 tahun pun kembali digubahnya hingga melahirkan kisah baru berjudul Kina Makes A New Friend.

Dirinya menyadari jika banyak orang dewasa yang kehilangan penglihatan objektifnya ketika menjumpai perbedaan. Sehingga bayangan akan menjalani kehidupan hanya dengan satu warna, sependapat akan setiap hal, dan berjalan searah menyusuri jalan kehidupan, dirasa Maudy Ayunda sangat membosankan dan mengerikan. Tidak ada gairah akan ide dan inovasi yang terucap untuk hadir melengkapi kebutuhan satu sama lain. Dan hal ini juga bisa membawa trust issue berkembang dengan pesat jika tidak diantisipasi sedini mungkin.

Jadi, melalui buku Kina Makes A New Friend ini, Maudy berharap semua pembaca akan belajar untuk tidak mudah men-judge satu sama lain.

 

 

Segera OPEN PO di akhir September ini!

Info lebih lengkap cek akun

@storykina

@bentangkids

 

 

 

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *