Mendidik Anak Mandiri dengan Stimulasi

Anak yang mandiri adalah impian banyak orang tua. Mereka beranggapan bahwa anak yang mandiri akan memudahkan tugas orang tua. Memang saat anak sudah betul-betul bisa mandiri akan meringankan pekerjaan orang tua, namun proses yang dilakukan untuk membentuk anak menjadi mandiri tidaklah mudah.

 

Mendidik Anak Mandiri Tanpa Ekspektasi

Sering kali orang tua merasa kerepotan dan frustasi saat mengajari anak untuk menjadi mandiri. Misalnya saat mengajari anak untuk membawa minum sendiri di dalam gelas. Tidak jarang air tumpah ke sana-sini sehingga justru mengotori lantai. Hal ini membuat orang tua kewalahan sehingga justru malah frustasi. Padahal pada mulanya orang tua berekspektasi anak-anak akan langsung bisa membawa gelas berisi air dengan sempurna karena menganggap itu aktivitas yang mudah.

Hal ini yang perlu diperhatikan oleh para orang tua yakni menghindari ekspektasi terhadap anak. Banyak orang tua yang mengajarkan kemandirian kepada anak dengan tujuan agar anak dapat segera melakukan banyak hal sendiri dan berekspektasi demikian kepada mereka. Perlu dipahami bahwa satu hal yang penting dalam mendidik anak menjadi mandiri adalah proses lebih penting dibandingkan hasil.

Memahami Standar Perkembangan Kemandirian

Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan tabel standar perkembangan kemandirian anak. Namun, standar tersebut tidak bisa dijadikan mutlak dalam mengukur perkembangan anak-anak kita, sebab kebutuhan dan perkembangan setiap anak akan berbeda. Meskipun begitu, tidak ada salahnya standar tersebut dijadikan acuan dalam memonitor perkembangan anak, terutama kemandirian mereka.

Mandiri dengan Stimulasi

Stimulasi kepada anak dapat membantu memudahkan anak dalam berproses menjadi mandiri. Orang tua perlu melakukan stimulasi kepada anak mereka supaya kebutuhan tumbuh kembangnya terpenuhi. Sehingga proses mereka belajar menjadi mandiri juga akan lebih mudah, terutama pada masa usia dini.

Stimulasi untuk anak usia dini perlu dilakukan secara rutin. Buku Hari-Hari Montessori untuk Anak Usia Dini karya Vidya Dwina Paramita akan membantu para orang tua melakukan stimulasi kepada anak-anaknya dengan mudah dan minim stres. Di dalam buku ini dijelaskan bagaimana proses stimulasi bisa berlangsung dengan menggunakan barang-barang yang mudah ditemukan di rumah.

Dapatkan bukunya di sini atau kunjungi toko buku kesayangan Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta