Memahami 3 Kebutuhan Utama Anak Usia Dini

Anak wajib dipenuhi kebutuhannya oleh orang tua. Kebutuhan setiap anak barangkali berbeda sesuai dengan kondisi dan usia mereka. Namun, pada anak usia dini terdapat setidaknya 3 kebutuhan anak yang utama, yang menjadi kewajiban bagi para orang tua untuk memenuhinya.

Kebutuhan anak usia dini meliputi; nutrisi, rasa aman, dan kebutuhan stimulasi. Artikel berikut akan mengurai penjelasan pada masing-masing kebutuhan.

Kebutuhan Nutrisi

Tidak bisa ditawar lagi bahwa nutrisi merupakan hal yang penting untuk mendukung proses tumbuh kembang anak. Nutrisi ini bisa didapat dari makanan atau suplemen berupa vitamin. Pasalnya, kebanyakan anak usia dini kerap menolak saat diajak makan. Pada akhirnya orang tua melakukan sedikit “pemaksaan” agar makanan mau diterima oleh si anak.

Ada baiknya dicari terlebih dahulu penyebab anak mengalami kesulitan dan menolak saat makan. Meskipun kebutuhan anak akan nutrisi adalah hal yang penting, melakukan “pemaksaan” agar anak mau makan juga tidak direkomendasikan. Lakukanlah observasi dan bawa suasana makan menjadi menyenangkan.

Kebutuhan Anak Akan Rasa Aman

Rasa aman yang terpenuhi bisa menjadi fondasi yang baik terhadap perilaku anak sehari-hari, termasuk juga pada proses ia mengambil keputusan di masa depan. Rasa aman dapat diciptakan dengan memastikan bahwa anak merasa hangat dengan setiap perilaku orang tua, dan dalam setiap aktivitas yang dilakukan bersama orang tua.

Salah satu rasa aman yang menjadi kebutuhan anak adalah aman dari ekspektasi berlebih. Karena tumbuh kembang setiap anak berbeda, orang tua tidak perlu berekspektasi lebih kepada anak dan membandingkan mereka dengan anak-anak lain.

Kebutuhan Stimulasi

Stimulasi merupakan kebutuhan utama untuk mendukung pertumbuhan anak usia dini. Sering kali anak-anak usia dini bergerak aktif dan sangat sulit untuk diajak duduk diam. Aktivitas tersebut adalah salah satu kebutuhan mereka untuk memenuhi kebutuhan gerak dalam rangka mempersiapkan tumbuh kembang tubuhnya.

Stimulasi juga akan mendukung perkembangan akademisnya di kemudian hari. Tidak heran jika stimulasi merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh anak-anak. Orang tua diharapkan untuk mendampingi anak melakukan stimulasi di rumah. Buku Hari-Hari Montessori untuk Anak Usia Dini karya Vidya Dwina Paramita bisa menjadi referensi bagi para orang tua untuk mendampingi stimulasi anak di rumah. Dapatkan bukunya di sini atau kunjungi toko buku kesayangan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta