Pentingnya Belajar Ilmu Parenting Sejak Dini

Mendidik dan mengasuh anak bukanlah hal yang mudah, bahkan sebagian orang tua sering merasa kerepotan saat mengasuh anak mereka. Orang tua perlu memahami pentingnya ilmu parenting supaya bisa lebih mengerti kebutuhan anak dan memudahkan mereka saat mengasuh anak. Anak yang diasuh oleh orang tua yang memiliki pemahaman baik akan ilmu parenting tentu akan tumbuh dan berkembang lebih unggul.

Apa saja pentingnya memahami ilmu parenting bagi orang tua? Berikut uraiannya:

– Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi

Pemahaman yang baik akan pentingnya ilmu parenting akan membantu orang tua mengembangkan pengetahuan dan kemampuan dalam berkomunikasi dengan anak-anak mereka, khususnya saat tahun-tahun pertama kelahiran saat anak belum bisa berbicara. Contohnya, orang tua tidak akan terus memarahi anak karena tidak berhenti menangis. Atau orang tua akan mengajak bayi berbicara sekalipun tidak mendapat respons dari bayinya, tentu saja.

– Ilmu Parenting Membantu Memahami Tumbuh Kembang Anak

Perkembangan setiap anak berbeda-beda dan tidak bisa sama antara yang satu dengan yang lainnya. Tidak jarang masih kerap ditemukan orang tua yang membanding-bandingkan anaknya dengan anak lain. Di sinilah pentingnya ilmu parenting, sebab akan membuat orang tua bisa memahami kebutuhan dan perkembangan anaknya.

– Membentuk Tipe Orang Tua yang “Waspada”

Sebagian orang tua sangat protektif dan khawatir sehingga banyak memberi batasan dan larangan untuk anak-anaknya. Sebaliknya, ada juga orang tua yang begitu lembut sehingga memberi kebebasan terhadap anak-anaknya. Orang tua yang memahami ilmu parenting dengan baik akan tahu bagaimana memosisikan diri menjadi orang tua yang waspada, yaitu bersikap tegas dan lembut dalam waktu bersamaan.

Ilmu parenting sebaiknya dipelajari oleh para orang tua agar tumbuh pemahaman yang baik akan kebutuhan anak-anak mereka. Sehingga anak akan tumbuh dengan baik dan memiliki kemampuan yang seharusnya berkembang dalam dirinya. Salah satu hal yang perlu dilakukan dalam proses perkembangan anak adalah melakukan stimulasi untuk mereka. Buku Hari-Hari Montessori untuk Anak Usia Dini karya Vidya Dwina Paramita merangkum tips mudah dan sederhana dalam melakukan stimulasi di rumah. Dapatkan bukunya di sini atau kunjungi toko buku kesayangan Anda.

Dapatkan bukunya di sini atau kunjungi toko buku kesayangan Anda.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta