Menumbuhkan Kecerdasan Anak dengan Membacakan Buku

Setiap orang tua tentu menginginkan anak mereka tumbuh dengan kecerdasan dan kecakapan masing-masing. Namun banyak yang belum tahu bahwa salah satu cara untuk menumbuhkan kecerdasan anak adalah dengan sering-sering membacakan buku kepada mereka.

Membacakan buku kepada anak terlihat seperti kegiatan yang sepele, namun rupanya memiliki banyak manfaat terutama yang berhubungan dengan proses perkembangan dan pertumbuhan anak. Anak yang sering dibacakan buku akan menjadi anak yang cinta buku dan membaca. Dengan banyak membaca, tentu anak-anak menjadi manusia yang unggul dan berpengetahuan luas.

Membaca Buku Melatih Kecerdasan Emosi Anak

Pada dasarnya buku fiksi atau buku cerita yang dibacakan kepada anak terkesan buku yang ringan dan sepele. Namun, siapa sangka kisah-kisah fiksi penuh gambar tersebut mampu melatih kecerdasan emosi anak. Anak-anak belajar mengenal berbagai macam emosi dan sifat yang dimiliki oleh para tokoh di dalam cerita. Hal ini akan memudahkan mereka dalam mengelola emosi di kehidupan sehari-hari.

Anak-Anak Menjadi Terbiasa Berpikir Kritis

Membacakan buku menjadi salah satu sarana untuk melatih anak berdiskusi dan berpikir kritis. Dalam proses membaca buku tersebut, sangat disarankan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka. Sehingga mereka terbiasa untuk mengolah otak dan pikiran, dan dengan begitu kebiasaan berpikir kritis akan tumbuh perlahan-lahan.

Menjadi Lebih Unggul dengan Membaca Buku

Buku akan membantu nak-anak untuk mendapatkan berbagai informasi dan pengetahuan menarik. Sebab pengetahuan baru tidak hanya didapatkan dari bangku sekolah saja. Hal ini akan membuat mereka lebih unggul daripada teman-teman lainnya yang tidak membaca buku. Anak-anak akan menjadi lebih tahu dibandingkan teman-teman lain.

Mengenal Dunia dan Kehidupan Lewat Membaca

Seperti pepatah yang mengatakan, buku adalah jendela dunia. Buku memuat berbagai kisah dan cerita dari berbagai macam segi kehidupan. Tokoh yang lucu, kehidupan yang menyenangkan, cerita tentang putri raja yang menyedihkan. Ada banyak sekali bentuk kehidupan yang akan menjadi hal baru bagi anak-anak.

Membacakan buku merupakan salah satu cara untuk menciptakan sikap cinta buku dan membaca pada anak-anak. Selain itu, kebiasaan membacakan buku dalam suatu keluarga akan menumbuhkan kedekatan antar-anggota keluarga. Buku The Read Aloud Family karya Sarah Mackenzie memuat banyak sekali rahasia mengenai membacakan buku nyaring. Dapatkan segera bukunya di sini atau kunjungi toko buku terdekat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta