Pedoman Gizi Seimbang: Cara Hidup Sehat Pengganti 4 Sehat 5 Sempurna

Menggunakan 4 sehat 5 sempurna sebagai pedoman hidup sehat sudah ketinggalam zaman. Sejak 2014, pemerintah Indonesia telah mengganti 4 sehat 5 sempurna menjadi Pedoman Gizi Seimbang. Pedoman tersebut dibuat lebih lengkap daripada 4 sehat 5 sempurna.

Jika 4 sehat 5 sempurna hanya fokus mengatur konsumsi jenis makanan, Pedoman hidup sehat yang tidak hanya menekankan pada jenis makanan yang perlu kita makan setiap hari, namun juga kegiatan yang perlu kita lakukan untuk menjaga kesehatan di luar makanan. Bahkan, dalam mengatur makanan, pedoman gizi seimbang lebih lengkap karena menganjurkan anak untuk makan beragam makanan dengan beragam porsi sesuai kebutuhan masing-masing anak.

Dalam penerapannya, ada 10 pedoman di Pedoman Gizi Seimbang dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan Kementerian Kesehatan:

  1. Biasakan mengonsumsi aneka ragam makanan pokok
  2. Batasi konsumsi panganan manis, asin, dan berlemak
  3. Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan ideal
  4. Biasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi
  5. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir
  6. Biasakan sarapan pagi
  7. Biasakan minum air putih yang cukup dan aman
  8. Banyak makan buah dan sayur
  9. Biasakan membaca label pada kemasan pangan
  10. Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan

Selain 10 pedoman, terdapat juga 4 prinsip yang perlu diperhatikan:

  1. Konsumsi berbagai macam makanan

Anjuran makanan pada Pedoman Gizi Seimbang dimuat dalam Tumpeng Gizi Seimbang. Pada dasarnya, Pedoman Gizi Seimbang menganjurkan anak untuk mengonsumsi beragam makanan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan beragam gizi sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Akibat Sering Konsumsi Makanan Manis Bagi Anak

  1. Menjaga kebersihan

Selain makanan, pola hidup bersih juga penting. Hanya mengonsumsi makanan bergizi saja belum cukup untuk hidup sehat. Jika kita atau anak tinggal di lingkungan yang kotor, akan ada banyak kuman penyebab penyakit yang mudah menyerang. Ketika kita sakit, gizi pun akan lebih sulit untuk masuk ke dalam tubuh kita.

  1. Beraktivitas fisik

Aktivitas fisik dapat dilakukan dengan olahraga. Olahraga dapat membantu anak menjaga berat badan, menjauhkan anak dari penyakit, meningkatkan emosi positif dan menjaga kebugaran tubuh. Untuk hasil yang maksimal, olahraga perlu diimbangi makanan bergizi. Aktivitas fisik dalam Pedoman Gizi Seimbang tidak harus terlalu berat seperti berolahraga di gymnastic. Kita cukup mengajarkan anak untuk beraktivitas fisik sesuai kebutuhan.

  1. Mempertahankan berat badan ideal

Alasan untuk mempertahankan berat badan ideal bukan supaya anak bisa tampil sesuai standar kecantikan. Tetapi, menjaga berat badan ideal diperlukan untuk hidup sehat. Berat badan yang berlebih dapat menyebabkan anak sulit beraktivitas fisik hingga rentan terkena obesitas dan penyakit lainnya. Untuk mengukur berat badan ideal, kita bisa melihat indeks massa tubuh. Indeks massa tubuh dapat dihitung dengan cepat menggunakan rumus “tinggi badan (cm) – 110.”

Menganut Pedoman Gizi Seimbang adalah usaha pemerintah untuk menciptakan generasi bangsa yang sehat. Karenanya, anak-anak sangat dianjurkan untuk hidup sehat sesuai anjuran pemerintah. Semakin dini anak menerapkan hidup sehat, manfaatnya akan semakin terasa sejak kecil hingga dewasa.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *