fbpx

Fakta tentang Alengka dan Ayodhya, Kerajaan Rahwana dan Rama

Bagi kamu yang telah mengetahui kisah Ramayana, nama Alengka dan Ayodhya pasti tidak asing lagi di rungu. Dalam Rahvayana: Aku Lala Padamu karya Sujiwo Tejo, yang meskipun menggunakan latar modern, kerajaan Alengka dan Ayodhya tidak lupa disebutkan.

Baca juga: Rahvayana: Surat Cinta Rahwana untuk Sinta

Kamu mungkin tahu bahwa Alengka adalah kerajaan Rahwana, sedangkan Ayodhya adalah kerajaan yang dipimpin oleh Rama. Namun, ada beberapa fakta lain tentang dua kerajaan itu yang menarik untuk digali, lho!

Alengka: Sekarang Dikenal dengan Sri Lanka?

Nama Alengka diambil dari kata Lanka dalam bahasa Sanskerta yang memiliki arti pulau. Kerajaan yang singgasananya diduduki oleh Rahwana ini berada di sebuah pulau di selatan India. Ibukota kerajaan ini dulu pernah dibakar oleh Hanuman dalam upayanya menolong Rama menyelamatkan Sinta. Menurut babad Ramayana, raja terakhir Alengka adalah Rahwana.

Kerajaan tersebut porak-poranda dan mengalami kehancuran pada masa pemerintahannya usai ia menculik Sinta, istri Sri Rama. Banyak orang yang percaya bahwa negara Sri Lanka adalah Alengka pada zaman sekarang. Selain kemiripan nama, lokasi negara Sri Lanka juga sama dengan deskripsi posisi Kerajaan Alengka. Bagaimana menurutmu?

Ayodhya: Kota Suci di India

Selama ini, kita akrab dengan penyebutan Kerajaan Ayodhya. Namun, tahukah kamu bahwa nama sebenarnya dari kerajaan Rama itu adalah Kosala? Ya, sebenarnya Ayodhya adalah ibukota dari Kerajaan Kosala. Dalam kisah pewayangan Jawa, Kosala lebih sering disebut dengan Kerajaan Ayodhya.

Sama seperti Alengka, nama Ayodhya diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti yang tidak akan kalah dari peperangan. Mungkin, itulah mengapa kerajaan yang terletak di utara Sungai Gangga ini dikenal dengan angkatan perangnya yang kuat. Sebab berlokasi dekat dengan sungai yang disucikan di India, kota Ayodhya pun menjadi salah satu kota suci di India hingga saat ini.

 

Bagaimana? Menarik, bukan? Sekarang, jika kamu diberi kesempatan untuk mengunjungi Alengka atau Ayodhya, mana yang akan kamu pilih? Ikuti kisah dekonstruktif Rahwana dan Sinta dalam novel Rahvayana. Meskipun periode prapesan telah berakhir, bukunya masih bisa kamu dapatkan di sini. Ingin tahu kelanjutan cerita mereka? Baca sekuelnya dalam Rahvayana: Ada yang Tiada!

 

Nur Aisyiah Az-Zahra

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta