fbpx

Problem Pengabaian Anak yang Tidak Disadari

Sering kali dalam suatu keluarga kita menemukan adanya pengabaian anak dan kurang eratnya hubungan antara orang tua dan anak. Padahal, keluarga terlihat harmonis dan baik-baik saja. Dalam bukunya yang berjudul Indahnya Pengasuhan dengan Theraplay, Astrid W.E.N menyebutkan bahwa ada beberapa masalah pada hubungan anak dan orang tua.

Pengabaian Anak: Bersama tapi Tidak Terkoneksi

Salah satu kondisi ini adalah pengabaian anak tidak disadari. Hal ini terjadi ketika orang tua dan anak selalu bersama. Namun, tidak terkoneksi satu sama lain. Hal ini bisa terjadi pada keluarga siapa saja, bahkan pada keluarga yang tampak normal. Hal ini bisa terjadi sejak anak masih kecil dan dampaknya juga tidak baik.

Contoh yang bisa dirasakan adalah ketika orang tua dan anak berada dalam satu ruang yang sama namun sibuk sendiri-sendiri. Hal yang paling mungkin terjadi adalah ketika kita kurang memberikan ruang pada anak untuk membicarakan keseharian mereka.

Tanpa kita sadari, hal ini menyebabkan anak menjadi terabaikan. Orang tua jadi kurang mengenal anak dengan baik bahkan bisa jadi tidak kenal sama sekali. Dampak lainnya, anak menjadi cenderung tertutup dan tidak banyak berinteraksi dengan orang tua. Jika hal ini dibiarkan, komunikasi anak dan orang tua menjadi terhambat dan bisa jadi juga buruk.

Baca Juga: Meningkatkan Bonding Orang Tua dan Anak dengan Metode Theraplay

Sakit atau Mengalami Perawatan Medis

pengabaian anak

Ketika anak sakit dan harus dirawat di rumah sakit juga bisa memengaruhi kualitas relasi orang tua dengan anak. Kondisi ini menjadi sebab terputusnya relasi antara orang tua dan anak untuk sejenak. Waktu sejenak ini mampu membuat anak atau orang tua menjadi tidak nyaman.

Rasa tidak nyaman ini membuat kita mengeluarkan ekspresi-ekspresi negatif dan bisa menyakiti orang di dekat kita. Kita juga bisa merasa buruk karena melakukan hal itu kepada orang yang kita sayangi, namun tidak memiliki kuasa akan hal tersebut. Pada kondisi ketika anak atau orang tua sedang sakit dan mungkin harus mendapatkan perawatan di rumah sakit, komunikasi dan kasih sayang yang diberikan juga harus ada.

Pengabaian anak sering kali tanpa sadar kita lakukan. Namun, hal ini juga sulit untuk dihindari. Ketika hal tersebut terjadi, jangan selalu merasa bersalah karena banyak hal yang berada di luar kendali kita. Dalam buku ini, Astrid W.E.N. tidak hanya memberikan kita informasi penting mengenai interaksi yang terjadi antara orang tua dan anak, tetapi juga bagaimana penggunaan Theraplay atas interaksi tersebut.

 

Enda Sinta Apriliana

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta