7 Manfaat Puzzle untuk Optimalkan Kecerdasan Anak

Puzzle adalah permainan menyusun objek dalam urutan yang benar dan tepat sehingga terbentuk satu kesatuan gambar yang utuh. Puzzle merupakan mainan yang dapat dimainkan oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, tentu dengan tingkat kerumitan sesuai dengan segmen usia masing-masing.

Nah, puzzle bisa menjadi sarana bermain yang dapat Anda mainkan bersama anak Anda, lo. Ada banyak sekali pilihan puzzle dengan tema-tema edukasi, misal gambar puzzle untuk mengajari anak mengenal angka, huruf, nama binatang, belajar huruf hijaiyah, dan sebagainya. Apalagi di situasi yang memungkinkan kita untuk #DiRumahAja seperti sekarang, bermain puzzle tentu bisa menjadi opsi untuk melawan kebosanan dan bersenang-senang bersama si kecil.

Meski mudah dimainkan dan harganya relatif terjangkau, ternyata puzzle memiliki segudang manfaat, lo! Bahkan, sejumlah penelitian menyatakan bahwa bermain puzzle dapat meningkatkan kecerdasan anak, lo!

Berikut beberapa manfaat bermain puzzle untuk anak.

1. Kemampuan Menyelesaikan Masalah

Bermain puzzle dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah (problem solving). Pada saat menyusun puzzle, anak-anak akan belajar untuk meletakkan potongan demi potongan puzzle di tempat yang benar sehingga membentuk satu kesatuan objek yang utuh. Hal ini akan menggelitik rasa ingin tahu si kecil dan mendorong dia untuk memecahkan masalah dari berbagai sudut pandang dan proses kreatif.

2. Koordinasi Tangan dan Mata

Puzzle memiliki ragam potongan dan pola, warna, serta ukuran yang bervariasi. Ketika bermain puzzle, tentu diperlukan koordinasi antara mata untuk melihat pola, ukuran, dan warna puzzle dengan tangan untuk meletakkan dan menyusun puzzle hingga selesai.

3. Mengasah Motorik Halus

Motorik halus anak akan ikut terasah dari permainan puzzle. Ketika bermain puzzle, anak-anak akan mengambil dan memindahkan kepingan-kepingan puzzle dari berbagai pola dan ukuran, kemudian meletakkannya dengan hati-hati pada tempat yang tepat. Proses ini akan turut mengasah motorik halus anak sehingga nantinya dapat membantu si kecil ketika belajar menulis dan menggambar.

4. Melatih Keterampilan Spasial

Pada saat bermain puzzle, anak-anak akan belajar tentang makna “atas”, “bawah”, “kanan”, “kiri”, “depan”, dan “belakang”.

5. Melatih Kesabaran

Pada proses menyelesaikan permainan puzzle, anak-anak akan dituntut untuk berpikir runtun dan membutuhkan kesabaran dalam menyelesaikan permainan. Permainan tidak akan selesai jika si kecil tidak meletakkan setiap kepingan puzzle di tempat yang seharusnya. Oleh karena itu, permainan ini jelas akan melatih kesabaran si kecil.

6. Mengasah Daya Ingat dan Konsentrasi

Puzzle juga bisa menjadi sarana latihan untuk mengasah konsentrasi serta daya ingat anak Anda. Anak-anak akan belajar untuk fokus serta mengenali atau mengingat pola dan warna dari setiap potongan puzzle, kemudian menyusunnya di tempat yang tepat.

7. Menjalin Bonding Orang Tua dan Anak

Ketika Anda menemani si kecil bermain puzzle, akan terjalin bonding atau kelekatan antara orang tua dan anak. Orang tua dan anak akan saling berkomunikasi dan bertukar pendapat dalam menyelesaikan puzzle bersama-sama. Apalagi di tengah imbauan untuk di rumah aja seperti sekarang, bermain puzzle bersama tentu akan semakin mempererat hubungan Anda dengan si kecil.

Apakah Bentang memiliki produk puzzle edukasi untuk menjawab 7 manfaat di atas? Jawabannya punya! Sebentar lagi, Bentang akan meluncurkan “My First Hijaiyah Floor Puzzle”, yaitu puzzle untuk membantu anak belajar huruf hijaiyah. Puzzle ini terdiri dari 28 kepingan puzzle ukuran besar sehingga cocok untuk anak usia 2 tahun ke atas. Setiap keping puzzle berisi satu huruf hijaiyah (total ada 28 huruf hijaiyah) di mana setiap huruf mewakili ilustrasi lucu bertema binatang. Misal huruf Alif untuk arnabun yang artinya kelinci, huruf Ba untuk battatun yang artinya bebek, dan sebagainya. Singkat kata, puzzle ini merupakan sarana bermain sekaligus belajar agar anak-anak dapat menghafal dan melafalkan huruf hijaiyah dengan cara yang mudah dan menyenangkan. “My First Hijaiyah Floor Puzzle” dilengkapi dengan kosakata (nama-nama binatang) dalam tiga bahasa sekaligus (trilingual) yaitu bahasa Arab, Inggris, dan Indonesia sehingga dapat mengoptimalkan area multilingual si kecil.

Tunggu tanggal terbitnya dan bersiaplah untuk mengoptimalkan area kecerdasan si kecil dengan puzzle ini, ya, Happy Parents!

 

Salam,

 

Ulil Maulida

Editor Anak Bentang Kids

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *