Efektif Mendidik Anak dengan Metode Montessori

Mendidik anak merupakan tugas mulia para orang tua. Setiap orang tua tentu memiliki cara dan metodenya masing-masing dalam mendidik anak mereka. Salah satu metode mendidik anak yang cukup menarik banyak perhatian orang tua adalah metode Montessori.

Kebanyakan orang tua yang menginginkan anaknya mendapatkan pendidikan Montessori akan mengirim mereka untuk bersekolah di sekolah yang menerapkan Montessori. Banyak yang belum tahu metode Montessori juga bisa diterapkan di rumah langsung oleh orang tua.

Bagaimana cara mendidik anak dengan prinsip Montessori di rumah? Berikut uraian singkatnya.

  1. Memberikan Anak Kebebasan, namun Tetap dalam Pengawasan

Prinsip utama metode Montessori adalah memberikan kebebasan pada anak supaya mereka lebih leluasa untuk eksplorasi dan belajar. Tentu saja tidak serta-merta anak dibiarkan begitu saja tanpa pengawasan orang tua. Anak tetap perlu diawasi, tetapi orang tua tidak harus mengekangnya. Sehingga anak bisa berkembang dengan prinsip kebebasan dalam pengawasan.

  1. Membiarkan Anak Usia Dini Melakukan Aktivitas Sendiri

Kebanyakan anak usia dini sedikit-sedikit mendapat larangan dari orang tuanya. Saat anak ingin menuangkan air dari botol sendiri, orang tua buru-buru melarang karena takut tumpah. Saat anak sedang eksplorasi lingkungan dengan berlari ke sana-kemari, orang tua justru menyuruhnya berhenti.

Orang tua tidak perlu terlalu khawatir dengan anak-anak yang sudah punya keinginan untuk melakukan aktivitasnya sendiri. Justru ini proses dan waktu yang bagus bagi mereka untuk mengembangkan dirinya.

  1. Melibatkan dalam Aktivitas Sehari-hari

Pada dasarnya, anak memiliki naluri untuk membantu dan belajar. Maka tidak heran jika anak kadang meniru aktivitas orang tua di rumah. Saat orang tua sedang mengelap meja, mereka ikut mengelap. Saat ibu menyapu, si anak juga ingin ikut menyapu. Namun banyak orang tua melarang anak melakukan hal tersebut.

Metode Montessori sangat mendukung anak supaya dilibatkan dalam aktivitas keseharian di rumah. Banyak sekali manfaat yang didapatkan anak dari aktivitas tersebut, antara lain anak akan belajar mandiri, belajar koordinasi antara tangan dan otak, serta melatih motorik anak.

Tidak jarang orang tua banyak yang mengeluhkan rasa lelah mereka saat mengasuh anak. Kadang orang tua membutuhkan ruang untuk mencurahkan rasa lelahnya dengan menepi sejenak dari tugasnya tersebut. Buku 365 Days Montessori karya Rosalynn Tamara adalah buku yang tepat bagi para orang tua untuk sekadar mencurahkan rasa lelah atau menepi sejenak dari rutinitas sehari-hari. Rasakan manfaatnya dengan membacanya hari demi hari. Buku bisa diperoleh melalui pemesanan di sini atau kunjungi toko buku kesayangan. (H.N. Faizah)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta