Manfaat Mindfulness untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Banyak orang enggan menerapkan mindfulness atau kesadaran pikiran dengan alasan sulit. Menerapkan mindfulness memang tidak semudah membalik telapak tangan. Namun, dengan sedikit ketelatenan dan cara yang tepat, kita sudah dapat merasakan manfaat mindfulness.

Mindfulness atau kesadaran pikiran adalah memberikan perhatian kepada momen saat ini tanpa menilai. Artinya, kita murni merasakan dan mengamati apa yang terjadi tepat pada momen saat ini di dalam diri kita maupun lingkungan sekitar. Mindfulness sendiri dianggap cukup sulit dilakukan karena kita sulit untuk berkonsentrasi tanpa memikirkan masa depan atau masa lampau.

Padahal, praktik mindfulness memiliki manfaat yang beragam untuk kesehatan. Christopher Willard dalam buku Growing Up Mindful menjelaskan bahwa mindfulness memberi manfaat terhadap mental, fisik, perilaku, akademis hingga otak manusia. Untuk mendapatkan manfaat dari mindfulness, kita tidak harus sering bermeditasi atau yoga. Kabar baiknya, buku Growing Up Mindful juga menjelaskan cara-cara dan latihan mindfulness dalam kegiatan sehari-hari. Berikut beberapa manfaat mindfulness untuk kesehatan mental dan fisik. Manfaat positif untuk aspek lainnya dapat dibaca lebih dalam di buku Growing Up Mindful.

  1. Manfaat Mindfulness untuk Kesehatan Mental

Mindfulness sangat memengaruhi otak manusia dengan mengubahnya ke arah yang lebih positif. Perubahan otak ini berpengaruh terhadap kesehatan mental kita. Penelitian di Harvard Medical School menunjukkan bahwa mindfulness dapat merangsang perkembangan korteks prefontal, bagian otak yang dapat menekan rangsangan sehingga kita tidak langsung bereaksi terhadap sebuah emosi. Berikut efek positif dari perkembangan koteks prefontal terhadap kesehatan mental:

  • Memperbaiki suasana hati
  • Mengatasi depresi, kecemasan, perilaku obsesif kompulsif, kecemasan sosial, post-traumatic stress disorder (PTSD), dan borderline personality disorder (BPD)
  • Meningkatkan self-esteem (perasaan terhadap harga diri), self-love (rasa cinta terhadap diri sendiri), kepercayaan diri, hingga rasa sayang kepada orang lain.
  1. Manfaat untuk Kesehatan Fisik

Orang yang berkesadaran pikiran lebih peduli terhadap kesejahteraan dirinya. Hal ini dikarenakan mereka cenderung lebih bahagia, menyadari harga dirinya dan mencintai diri sendiri. Karenanya, orang yang dengan kesadaran pikiran memiliki gaya hidup yang lebih baik.

Selain itu, mindfulness juga dapat membangunkan energi positif dalam tubuh. Bahkan, sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa energi positif tersebut membantu pemulihan penderita kanker. Berikut beberapa manfaat mindfulness untuk kesehatan fisik:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Membantu tidur
  • Memperbaiki kesehatan makan
  • Membantu asma, inflamasi, dan pemulihan pascaoperasi.
  • Mengurangi stres karena hormon
  • Mengurangi sakit kronis.

Manfaat mindfulness dapat dirasakan sesuai dengan seberapa dalam kita melakukan praktik kesadaran pikiran. Semakin terlatih kesadaran pikiran kita, semakin besar pula manfaat yang kita rasakan. Jadi, alangkah baiknya jika kita mempraktikkan mindfulness sejak dini, bahkan sejak anak-anak. Supaya anak bisa melatih mindfulness dengan mudah, orang tua bisa mengikuti latihan dan praktik dari buku Growing Up Mindful.

 

Baca juga: Mengenali Gejala Stres Pada Anak dan Cara Menghadapinya

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Baca juga: Manfaat Mindfulness untuk Kesehatan Mental dan Fisik […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *