Tips Meningkatkan Minat Baca Anak

Kebiasaan membaca perlu ditanamkan sejak kecil, sebab akan sulit jika baru dimulai setelah menginjak usia dewasa. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa menumbuhkan minat baca anak sangat penting. Terlebih lagi anak-anak zaman sekarang lebih senang bermain gawai dibanding membaca buku

Salah satu masalah yang dihadapi negara Indonesia adalah tingkat literasi yang rendah. Tentu ini menjadi tanggung jawab bersama, khususnya para orang tua yang memiliki tanggung jawab terhadap anak-anak mereka. Kecintaan anak terhadap buku perlu ditumbuhkan dengan keceriaan dan kesenangan sehingga proses membaca akan menjadi sebuah hobi dan kebiasaan.

Berikut ini ulasan singkat tips untuk meningkatkan minat baca anak:

Beri Kesempatan Anak untuk Memilih Buku yang Ia Suka

Bacalah buku karena suka, bukan karena harus. Ajaklah anak ke toko buku untuk memilih sendiri buku yang ia suka. Jangan memaksa mereka untuk membaca sebuah buku yang kita inginkan, hanya karena rekomendasi teman “ini harus dibaca”. Kecintaan terhadap buku dan membaca akan tumbuh dengan sendirinya ketika ia berhasil menemukan keseruan dan kesenangan dari sebuah buku.

Beri Akses yang Mudah untuk Menjangkau Buku di Rumah

Letakkan buku di tempat yang mudah dijangkau, misalnya tidak meletakkannya di rak yang terlalu tinggi. Letakkan buku di banyak sudut ruangan di rumah, sehingga tidak hanya terpusat di satu tempat saja. Misalnya bisa disebar penempatannya di kamar tidur si kecil, di ruang tamu, ataupun di ruang bermainnya.

Bacakan Mereka Buku untuk Menumbuhkan Minat Baca Anak

Sediakan waktu beberapa menit saja dalam satu hari untuk membacakan mereka buku. Bacakanlah sambil mengeksplorasi isi buku tersebut dengan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan cerita. Membacakan buku kepada anak bisa menjadi salah satu alternatif untuk menumbuhkan minat baca mereka, selain untuk mendekatkan hubungan keluarga juga.

Sarah Mackenzie telah menulis buku mengenai membaca buku nyaring. Buku yang berjudul The Read Aloud Family ini menjelaskan banyak hal tentang membaca nyaring, mulai dari tips membacakan buku, manfaat membacakan buku, hingga rahasia bagaimana membacakan buku bisa menumbuhkan kehangatan hubungan keluarga.

Selain itu, di buku ini juga dituliskan beberapa rekomendasi buku untuk dibacakan kepada anak sesuai dengan usia mereka. Segera dapatkan bukunya di sini atau kunjungi toko buku kesayangan Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta