Bukti Keberadaan Kerajaan Majapahit: Ada atau Hanya Legenda?

Bukti Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan Hindu-Buddha terbesar yang ada di Indonesia. Kerajaan ini didirikan pada 1293-1500 Masehi. Pada masa kepemimpinan Hayam Wuruk, Kerajaan Majapahit mencapai masa kejayaannya. Majapahit memiliki misi untuk menyatukan Nusantara di bawah kekuasaannya. Dengan bantuan patihnya, Gajah Mada, Majapahit berusaha untuk mewujudkan misinya tersebut. Berkat misinya, wilayah kekuasaan Majapahit ini sangat luas dan juga memiliki kekuasaan yang besar sehingga peradaban saat itu makmur dan maju terutama di ibu kota Majapahit bernama Trowulan. Bukti Kerajaan  Majapahit merupakan kerajaan Hindu-Buddha terbesar yang ada di Indonesia. Kerajaan ini didirikan pada 1293-1500 Masehi. Pada masa kepemimpinan Hayam Wuruk, Kerajaan Majapahit mencapai masa kejayaannya. Majapahit memiliki misi untuk menyatukan Nusantara di bawah kekuasaannya. Dengan bantuan patihnya, Gajah Mada, Majapahit berusaha untuk mewujudkan misinya tersebut. Berkat misinya, wilayah kekuasaan Majapahit ini sangat luas dan juga memiliki kekuasaan yang besar sehingga peradaban saat itu makmur dan maju terutama di ibu kota Majapahit bernama Trowulan.

Bukti Keberadaan Kerajaan Majapahit

Karena termasuk dalam sejarah, banyak masyarakat yang menyangsikan keberadaan Majapahit. Masyarakat Indonesia atau bahkan kamu mungkin bertanya-tanya apa saja buktinya jika keberadaan Majapahit itu dulunya ada. Ada juga yang menganggap bahwa Majapahit ini hanya sebatas legenda. Bagi yang bertanya tentang ada atau tidaknya Kerajaan Majapahit di masa lampau harus tahu jika ternyata keberadaan Majapahit ini bukan sekadar omong kosong karena banyak bukti yang bisa ditemukan untuk membuktikan bahwa kerajaan ini benar-benar ada. Bagi kamu yang ingin tahu bukti Kerajaan Majapahit itu ada, simak beberapa buktinya berikut ini.

Satelit Palapa

Bukti nonfisik lainnya yang bisa kamu temukan adalah satelit Palapa. Nama satelit ini diambil dari sumpah yang pernah diucapkan oleh Gajah Mada yang dikenal dengan Sumpah Palapa

Surya Majapahit

Surya Majapahit merupakan lambang Kerajaan Majapahit yang masih banyak digunakan sampai saat ini. Lambang Kerajaan Majapahit ini banyak ditemukan pada ornamen-ornamen rumah. Orang yang menyukai langgam arsitektur Majapahit sering menggunakan Surya Majapahit sebagai ornamen bangunannya.

Peninggalan fisik

Tidak hanya peninggalan nonfisik yang menjadi bukti Kerajaan Majapahit itu ada. Namun, ada juga bukti fisik yang menyatakan bahwa Kerajaan Majapahit ini ada. Bukti peninggalan fisik dari Kerajaan Majapahit ini ada di Trowulan yang dulunya menjadi ibu kota Kerajaan Majapahit. Wujud peninggalan fisik sebagai bukti keberadaan Kerajaan Majapahit yaitu berupa candi, pintu gerbang kerajaan, kolam pemandian, bangunan waduk, bangunan kanal, sumur kuno, makam kuno, dan kamu juga akan melihat ratusan ribu artefak Kerajaan Majapahit berwujud koin mata uang yang digunakan pada masa Kerajaan Majapahit, batu bata, batu umpak, batu lumpang, genting, pecahan, dan masih banyak lagi lainnya.

Demikianlah beberapa bukti Kerajaan Majapahit dan peninggalannya yang masih ada sampai sekarang.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *