Sudahkah Kamu Menjadi Teman Baik dan Pengertian?

Sebagai makhluk sosial tentunya kita saling membutuhkan satu sama lain. Maka dari itu setiap orang pastinya memiliki teman baik atau sahabat masing-masing. Layaknya Kevin dan Disa dalam Hanya Tiga Kata karya Dwitasari, mengisahkan kehidupan persahabatan mereka sejak kecil. Disa selalu ada dan pengertian untuk Kevin, begitu juga sebaliknya. Namun, di kehidupan sehari-hari kita masih banyak yang belum menjadi teman seutuhnya, yaitu baik dan pengertian.

Teman baik dan pengertian sebenarnya memiliki arti yang luas. Tentu tidak semua orang dapat menjadi teman baik bagi kita, begitu juga kita untuk teman kita. Namun, hal itu dapat diubah atas dasar kemauan kita. Terkadang kita tidak membutuhkan teman yang banyak, namun cukup beberapa namun dengan kualitas yang baik. Berikut tips menjadi teman yang baik dan pengertian

Hadir Saat Suka Maupun Duka

Banyak tipe teman yang hanya memanfaatkan momen menyenangkan dalam hidup kita. Misalnya, ia hanya akan muncul di kala kita sedang senang dan bersuka hati. Namun ketika kita dalam keadaaan duka dan terpuruk, ia akan menghilang. Maka dari itu, kita harus selalu hadir dalam setiap kondisi baik suka maupun duka.

Mau Membantu Satu Sama Lain

Ibarat sebuah simbiosis, pertemanan harus menjadi simbiosis mutualisme. Sebagai teman baik dan pengertian, kita harus mau saling membantu. Jangan hanya memanfaatkan temanmu! Jadilah pribadi yang ringan tangan sebagai sahabat baik. Bahkan ketika Kevin dan Disa merasa kesal, mereka tetap mau saling membantu satu sama lain.

Bersikap Jujur dan Terbuka

Sebagai sahabat yang baik kita harus dapat saling terbuka dan jujur. Hal ini merupakan awal mula membangun kepercayaan satu sama lain. Ketika sebagai teman, kita dapat mengungkapkan segala hal dengan terbuka. Masalah yang datang bertubi-tubi pun akan mudah diselesaikan bersama. Dalam segala macam bentuk hubungan, komunikasi adalah kunci utamanya.

Dapat Menjaga Rahasia dengan Baik

Untuk apa kepercayaan yang telah dibangun namun tidak dapat dijaga? Maka dari itu, sebagai teman yang baik kita harus bisa menjaga rahasia sahabat kita, sekecil apa pun. Jangan menjadi pribadi yang menjual teman kita sendiri.

Beri Ruang dan Mau Mengerti

Inti dari sahabat yang pengertian adalah dapat mengerti kondisi teman atau sahabat kita. Jika dia sedang membutuhkan teman disisinya maka datanglah dan hibur dia. Namun, jika memang teman kita sedang membutuhkan waktu sendiri, kita harus mengerti dan memahaminya juga. Jangan memaksakan kehendak satu sama lain.

Disa dan Kevin yang bersahabat sejak kecil membangun kepercayaan, koneksi, dan komunikasi dengan baik. Semua orang bisa menjadi seorang teman yang baik dan pengertian. Jika kalian memiliki perasaan lebih terhadap sahabat kalian, hubungan pertemanan yang baik akan membawa hubungan kalian ke jenjang yang lebih tinggi.

“Persahabatan ini terasa begitu rumit ketika aku semakin menyadari bahwa aku sangat mencintaimu. Dan, aku sangat cemburu jika ada orang lain yang memelukmu.”

Jadi, sudahkah kamu menjadi teman baik dan pengertian bagi temanmu?

 

Penulis: Stevanus Febryanto W.S

0replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *