fbpx
rekomendasi buku parenting

Rekomendasi Buku Parenting Terbaru: Play The Danish Way

Keinginan menemukan pola asuh yang tepat untuk anak mendorong orang tua membaca buku parenting. Hal tersebut perlu kita tingkatkan karena menunjukkan kesadaran orang tua akan pentingnya pola asuh terhadap perkembangan anak. Saat ini, buku parenting yang banyak menjadi rekomendasi adalah buku parenting Eropa, salah satunya Denmark.

Tidak heran jika Denmark menjadi panutan banyak orang tua dalam pola asuh anak. Fakta bahwa Denmark adalah salah satu negara paling bahagia di dunia membuat para orang tua tertarik menimba ilmu parenting dari negara tersebut. Buktinya, buku The Danish Way of Parenting yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka dalam bahasa Indonesia selalu menjadi best-seller.

Dari buku tersebut, kita bisa melihat bahwa Denmark sangat peduli terhadap kebahagiaan anak, dan kebersamaan anak dengan keluarga. Tentunya, orang Denmark sangat memedulikan kesehatan mental anak. Kebahagiaan anak adalah nomor satu karena kebahagiaan menunjang aspek lain dalam hidup manusia, seperti nilai akademik.

Saat ini, koleksi rekomendasi buku parenting ala orang Denmark yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia bertambah satu. Bentang Pustaka menerbitkan buku parenting Denmark yang berjudul Play The Danish Way. Buku tersebut ditulis oleh penulis buku The Danish Way of Parenting, Iben Dissing Sandahl.

Bermain Bebas ala Denmark

Play The Danish Way adalah buku yang mengulas pentingnya bermain bebas untuk perkembangan anak. Bermain bebas berbeda dengan bermain terstruktur. Jika bermain terstruktur menggunakan alat peraga tertentu yang telah dirancang oleh ahli untuk mencapai tujuan terukur, bermain bebas berarti bermain tanpa ada aturan baku dan tidak digunakan untuk meningkatkan kemampuan terukur anak..

Banyak orang mengira bahwa bermain bebas membuang-buang waktu karena orang tua tidak melihat kemampuan terukur yang diasah dengan bermain bebas. Contohnya, bermain bebas tidak dirancang untuk meningkatkan kemampuan matematika anak. Kita membiarkan anak bermain untuk menghabiskan waktu mereka bersenang-senang dan menikmati hidup.

Baca juga: Permainan Anak Tradisional yang Membentuk Anak Tangguh dan Bahagia

Buku Play The Danish Way membahas alasan dan cara orang Denmark menekankan bermain bebas pada anak-anak. Orang Denmark percaya bahwa bermain bebas membawa manfaat untuk perkembangan anak. Bermain bebas meningkatkan daya juang, ketangguhan, kebahagiaan, hingga kreativitas anak. Hal tersebutlah yang akan membantu anak untuk berkembang maksimal.

Keunggulan Rekomendasi Buku Parenting Play The Danish Way

Play The Danish Way ditulis oleh Iben Dissing Sandahl, MPF yang merupakan penulis The Danish Way of Parenting. Iben bukanlah seorang penulis biasa. Beliau merupakan pakar parenting Denmark dan psikoterapis naratif yang telah memiliki gelar MPF. Selain gelarnya, Iben telah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun sebagai psikolog dan pendidik anak menggunakan pola asuh Denmark. Dalam menulis bukunya, Play The Danish Way dan The Danish Way of Parenting, Iben selalu melakukan riset mendalam dan menyertakan referensi di bukunya.

Dalam menjelaskan pentingnya bermain bebas, Iben Dissing Sandahl menjabarkan 5 kategori permainan bebas serta manfaat masing-masing kategori. Untuk orang tua yang masih bingung cara memfasilitasi anak untuk bermain bebas dan khawatir akan keamanan anak, Iben juga menjelaskan cara orang tua untuk mendukung anak bermain bebas serta cara bermain bebas dengan aman.

Play The Danish Way sangat cocok untuk dibaca oleh orang tua Asia yang masih menganggap bermain bebas sebagai kegiatan kurang berguna yang membuang waktu. Buku ini akan memberi perspektif baru mengenai berkembang optimal dengan bermain bebas, hal yang telah dibuktikan selama bertahun-tahun oleh orang Denmark. Buku Play The Danish Way sudah bisa dipesan melalui link bit.ly/playthedanishway.

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Baca juga: Rekomendasi Buku Parenting Terbaru: Play The Danish Way […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta