Pengembaraan Rasa Sembilu: Apa yang Dilakukan Tiap Zodiak Ketika Patah Hati?

Novel roman pertama Tasaro GK, yaitu Sembilu, berkisah mengenai pengembaraan rasa oleh tokoh Kashmir. Demi mencari Kanya, Kashmir melakukan perjalanan jauh ke banyak kota. Mulai dari Stockholm, Frankfurt, Paris, Hong Kong, Makkah, Madinah, Yogyakarta, hingga sebuah kota kecil yang terlupakan di Bandung Selatan. Kira-kira apa zodiak Kashmir ya?

Meskipun dikatakan sebagai novel roman, secara keseluruhan Sembilu tak hanya membahas asmara. Banyak makna serta pemahaman baik yang dapat diambil setelah membacanya. Kashmir, seorang pemuda yang masih belia tetapi didewasakan oleh keadaan. Ia melalui hidupnya dengan terus berjuang sampai pada satu titik yang menjadi pintu pertemuannya dengan Kanya. Kanya, perempuan yang akhirnya menempati posisi istimewa dalam hatinya, menjadi prioritas dalam hidupnya.

Zodiak-Zodiak Ketika Patah Hati

Pencarian Kashmir dalam pengembaraan rasa tentunya dilakukan atas dasar rasa ingin bertemu dengan Kanya. Kehilangan dan perpisahan dengan Kanya tentunya membawa patah hati yang tak dapat diungkap. Walau begitu, Kashmir pantang menyerah. Kira-kira apa yang kalian lakukan jika patah hati? Menyerah? Sedih? Atau, pantang menyerah seperti Kashmir?

Berikut hal-hal yang dilakukan setiap zodiak ketika patah hati, simak zodiakmu ya!

Capricorn (22 Desember–19 Januari)

Capricorn merupakan sosok yang mencintai kestabilan hidup. Maka dari itu, ketika patah hati dirinya akan merasa sangat terluka. Diri Capricorn dapat berubah menjadi sangat pesimis dan meragukan semua hal di sekitarnya.

Akan tetapi, hal tersebut tidak berlangsung lama bagi Capricorn. Karena sifat kestabilan hidupnya, ia menjadi sangat bijaksana di antara zodiak lain ketika meyikapi patah hati. Setelah bersedih, ia akan merasa bahwa patah hati merupakan proses mendewasakan diri. Ada pelajaran baik yang didapatkan dari merasakan patah hati. Hal inilah yang membuat Capricorn tetap tegar dan tidak memengaruhi dirinya untuk kembali meneruskan kehidupannya.

Aquarius (20 Januari–18 Februari)

Aquarius merupakan sosok zodiak yang paling independen. Bagi diri Aquarius, masalah percintaan dan asmara bukanlah prioritas utama dalam hidupnya. Sikapnya akan sangat cuek menanggapi patah hati. Dirinya ingin lekas segera keluar dari derita asmara. Menangisi patah hati baginya hanya akan membuang tenaga dan air mata.

Pisces (19 Februari–20 Maret)

Pisces merupakan sosok yang berbeda dengan Aquarius. Di kala Aquarius yang supercuek, Pisces merupakan pribadi yang senang dengan cinta kasih. Maka dari itu, Pisces merupakan sosok yang lebih sensitif.

Baginya, patah hati merupakan bencana kecil yang menimpa. Ketika patah hati, pisces akan sangat sedih dan terluka. Pisces akan menjauhi orang-orang dan mengasingkan diri sendiri untuk beberap waktu. Menangis diam-diam selama berhari-hari akan memulihkan rasa sakit dari patah hati.

Aries (20 Maret–20 April)

Zodiak berelemen api ini memiliki karakter yang maskulin dan agresif. Walau begitu, ketika patah hati melanda Aries, dirinya akan merasa tidak mood melakukan hal apa pun. Namun, Aries merupakan sosok yang suka menyembunyikan perasaan sakitnya sebagai cara bertahan dari patah hati.

Mereka para Aries pintar menyembunyikan dan mengelabui orang lain akan rasa sakit yang dirasakannya. Namun, jauh di dalam hati Aries merasa sangat tersiksa atas rasa sakit yang menderanya. Aries meyakini bahwa menyimpan semua kepiluan hingga akhirnya kembali menemukan motivasi hidup adalah cara terbaik untuk bangkit dari keterpurukan akibat patah hati.

Taurus (20 April–20 Mei)

Bukan hal yang mudah bagi zodiak dengan lambang banteng ini untuk menerima kegagalan. Begitu juga dengan patah hati. Taurus akan membutuhkan orang lain untuk memulihkan kembali perasaannya yang hancur lebur. Motivasi, dukungan, serta kasih sayang dari orang terdekat seperti teman dan keluarga akan dibutuhkannya. Hal tersebut diyakini oleh Taurus dapat menyembuhkan dan menemukan kembali kebahagiaannya.

Meskipun demikian, di lain sisi Taurus merupakan sosok yang kalem, tenang, dan tidak banyak meluapkan emosi. Sehingga pada beberapa kasus, Taurus akan melampiaskan emosinya ketika patah hati dengan makan banyak. Harus berhati-hati akan kenaikan berat badan saat patah hati ya, Taurusians.

Gemini (21 Mei–20 Juni)

Mirip dengan Aries, Gemini cukup lihai untuk menyembunyikan dan menutupi perasaannya ketika patah hati. Meskipun kepribadian sebenarnya Gemini suka bersosialisasi, tapi ketika patah hati ia akan cenderung menjauhi orang-orang dan merasa risi dengan orang-orang di sekitarnya. Gemini juga akan menjadi pendiam.

Tetapi kemudian, ketimbang mengoreksi diri, Gemini akan cenderung menyalahkan sosok yang menyakiti hatinya. Dengan terus-menerus menyalahkan orang yang menyakitinya, menjadi cara Gemini merasa tak terbebani dengan masalah yang sedang dialaminya.

Cancer (21 Juni–22 Juli)

Cancer dikenal sebagai zodiak yang sangat sensitif dan emosional dibandingkan zodiak lainnya. Maka dari itu, ketika dirinya dilanda patah hati, emosinya akan menjadi roller coaster, naik turun tidak terkontrol. Cancer dapat tiba-tiba tertawa, menangis, bahkan marah ketika dilanda patah hati.

Selain itu Cancer juga merupakan sosok yang terlalu percaya diri dan kerap telanjur jatuh cinta. Hal ini juga yang akan membuatnya sangat jatuh dan rapuh ketika patah hati datang. Cancer akan membutuhkan alasan dan penjelasan mengapa dirinya ditinggalkan. Cancer akan sekuat hati mempertahankan hubungan asmara mereka. Maka dari itu, ia akan sangat emosional ketika patah hati. Namun, jika dirinya gagal mengubah keadaan, waktu adalah hal yang dibutuhkan untuk segera pulih.

Leo (23 Juli–22 Agustus)

Zodiak singa ini merupakan sosok yang akan sangat tersakiti ketika patah hati. Ia akan merasa paling terluka di antara zodiak lainnya. Diri Leo akan rentan dihantui rasa trauma berkepanjangan akan peristiwa yang membawa sakit hati. Hal ini akan berdampak buruk bagi kehidupannya.

Akan tetapi, justru rasa takut itulah yang membuat Leo lekas pulih dari derita patah hati serta bergegas menata ulang hidupnya kembali. Biasanya, Leo akan mengajak teman-temannya untuk bersenang-senang. Hal itu dilakukan untuk mengalihkan perhatiannya dan menghilangkan kesedihan.

Virgo (23 Agustus–22 September)

Zodiak elemen tanah ini biasanya memiliki hidup yang teratur, stabil, dan praktis. Namun, ketika patah hati datang melanda, hidupnya akan menjadi tidak teratur. Ia akan kesulitan tidur setiap malam hingga tubuhnya merasa lelah.

Akan tetapi, karena kebiasaan hidupnya membuat Virgo pandai membaca tanda. Virgo akan memiliki firasat yang mengatakan bahwa sebuah hubungan asmaranya akan kandas. Maka dari itu, ketika patah hati melanda dan firasat menjadi kenyataan, sakit hati bukan menjadi pikiran utama. Meskipun kesulitan tidur, Virgo mampu lebih dewasa dalam menyikapi perpisahan yang terjadi.

Libra (23 September–22 Oktober)

Seperti lambang zodiaknya yaitu timbangan, Libra merupakan sosok yang kerap menimbang suatu hal dalam hidupnya. Meskipun dirinya menyukai hal-hal yang romantis dan indah, ketika patah hati ia tidak akan mengakui bahwa dirinya patah hati. Oleh karena itu, Libra akan terlihat seolah-olah baik-baik saja.

Libra juga tidak akan berlama-lama larut dalam patah hatinya. Sang timbangan merupakan pribadi yang mudah untuk move on dan berpaling dari orang yang menyakitinya. Ia tak ingin ambil pusing dan memilih segera bangkit dari kegagalannya dalam hubungan asmara.

Scorpio (23 Oktober–21 November)

Scorpio meurpakan zodiak yang paling intens ketika dilanda patah hati. Ia akan merasa sangat emosional. Pada akhirnya, ia menjadi sangat sensitif dengan semua orang. Terkadang bahkan dirinya dapat dilanda marah-marah tanpa alasan yang jelas.

Selain mudah marah, Scorpio juga rentan sedih. Untuk lekas pulih dari perasaan sakit hati yang dialaminya, Scorpio akan membenci orang yang telah membuatnya patah hati.

Sagitarius (22 November–21 Desember)

Sagitarius dikenal sebagai sosok yang paling bersemangat dan senang petualangan. Namun, ketika patah hati datang melanda, dirinya akan memilih menghilang berhari-hari untuk menyendiri dan menenangkan diri.

Akan tetapi, tak lama Sagitarius akan bangkit. Bagi dirinya, patah hati menjadi hal yang biasa. Dirinya tak akan jatuh dalam kesedihan yang berlarut-larut. Sagitarius akan mudah menemukan kembali kebahagiaannya pada diri yang lain.

Itulah hal-hal yang biasanya dilakukan setiap zodiak ketika patah hati melanda. Kira-kira sesuai dengan diri kalian, nggak nih? Lalu, jangan lupa untuk saling menguatkan hati yang patah. Semoga kita dapat menjadi seperti Kashmir dalam Sembilu yang mampu bertahan dalam pencarian panjang. Semoga semua patah hati tidak akan larut, semoga lekas terobati, sewajarnya dan sesegera mungkin.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *