Jangan Mager! Berikut Tips Menumbuhkan Minat Baca

Membaca merupakan kegiatan yang cukup umum dan hampir semua orang melakukannya. Entah mereka yang membaca sebagai hobi, pekerjaan, atau hanya sekadar tidak sengaja membaca sesuatu. Kita mengenal pribahasa bahwa buku merupakan jendela ilmu. Benar saja! Secara nyata kita akan mendapatkan berbagai ilmu baru jika kita membaca sebuah buku, maupun informasi lain dari bacaan seperti berita di surat kabar hingga media sosial. Namun ternyata di Indonesia minat baca masih tergolong rendah.

Menurut data UNESCO pada 2016, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya dari 1.000 orang Indonesia, hanya 1 orang yang rajin membaca. Minat baca Indonesia berada di peringkat 60, hanya satu tingkat di atas Botswana, salah satu negara di Afrika yang berada di peringkat 61. Maka dari itu, Mintang akan memberikan beberapa tips untuk meningkatkan minat baca. Berikut tips untuk menumbuhkan minat baca.

Mengalokasikan Waktu Khusus Untuk Baca

Kebanyakan orang akan beralasan bahwa mereka tidak memiliki waktu membaca. Apakah ini benar? Padahal kita semua sama-sama memiliki waktu 24 jam dalam sehari. Tidak perlu mengalokasikan waktu yang banyak hingga berjam-jam. Tapi cobalah untuk memberi sedikit waktu dalam sehari untuk membaca. Entah itu membaca berita di pagi atau sore hari, membaca kabar di media sosial ketika jam istitrahat, ataupun membaca buku yang sedang kamu gemari ketika sebelum tidur.

Memiliki Daftar Buku Populer dan Rekomendasi Bahan Baca

Jika kamu ingin membaca buku dan sedang bingung, cobalah cari rekomendasi buku populer. Kamu bisa melihatnya di beberapa situs seperti goodreads.com ataupun melalui instagram @bentangpustaka lho!

Manfaatkan Waktu Menunggu

Untuk kalian yang benar-benar merasa tidak ada waktu untuk membaca, cobalah cara berikut ini. Manfaatkan waktu menunggu yang senggang. Dari pada kalian hanya bosan ketika menunggu, seperti menunggu kereta, menunggu makanan datang dan lainnya, cobalah isi waktu dengan membaca. Beberapa menit saja cukup. Hal ini akan membuat kalian terbiasa membaca dan menjadi kebiasaan yang baik.

Belajar Effective Reading dan Membuat Target Membaca

Melalui effective reading kamu akan mencoba memahami intisari dari setiap bacaan. Hal ini berguna juga untuk pekerjaan-pekerjaan kalian yang diharuskan membaca beberapa instruksi terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk membuat target membaca. Misalnya menargetkan dalam seminggu membaca 1 buku. Kemudian di minggu berikutnya intensitas dan target bacaan dapat ditingkatkan.

Bergabung dan Berdiskusi dengan Komunitas

Jika kalian merasa sangat gemar dengan suatu buku atau bacaan, carilah komunitasnya! Hal itu akan membuka jalur untuk menemui orang baru dan bahan bacaan baru juga. Diskusi di dalam komunitas juga akan membuka wawasan dan berbagai perspektif.

Hal-hal di atas dapat kalian coba untuk menumbuhkan minat baca. Yuk lestarikan budaya membaca! Baca juga buku-buku dari Bentang Pustaka yang dapat kalian temukan di mizanstore.com dan juga linktr.ee/Bentang. Mintang tunggu review bacaan dari kalian! Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *