Pembinaan dalam Rantai Tak Putus

Rantai Tak Putus akan menjadi buku nonfiksi kedua dari Dee Lestari. Mengisahkan mengenai kehidupan lika-liku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Mulai dari usaha manufaktur, petani, hingga bengkel yang berupa UMKM. Dalam karya Dee Lestari ini terkhusus membahas UMKM di bawah binaan Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA). Sehingga dalam penceritaan Rantai Tak Putus akan melihat dari berbagai sudut pandang.

Pengisahan bagaimana UMKM di Indonesia hidup dan berkembang akan melihat dari berbagai sudut pandang. Mulai dari sudut pandang Dee Lestari sebagai penulis dan selama melakukan observasi, pemilik UMKM, hingga para pelaku pembinaan dari YDBA. Pelaku UMKM mendapatkan bantuan pembinaan di bawah Yayasan Dharma Bakti Astra melalui cabangnya berupa Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB).

Pembinaan Dua Arah dalam Rantai Tak Putus

Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) sebagai cabang dari YDBA memberikan pembinaan untuk para UMKM di Indonesia. Sistem yang digunakan merupakan pembinaan dua arah. Dua arah di sini dimaksudkan bahwa yang besar mau berbagi dengan yang kecil. Kemudian yang kecil juga tidak hanya menerima melainkan mau mencari tahu dan bekerja sama satu sama lain.

“Pendampingan merupakan tarian dua arah. Yang kecil mau membuka diri, yang besar mau berbagi.

Keduanya harus bekerja sama. Keduanya harus maju bersama.”

Jika diresapi maka hal ini tidak hanya berlaku dalam lingkup usaha dan bisnis dalam konteks ini adalah UMKM dalam kisah Rantai Tak Putus. Lebih dari itu, jika menelisik lebih dalam, maka dalam kehidupan sosial manusia, sebagai individu maupun kelompok pembinaan harus diaplikasikan sedemikian rupa. Pembinaan dua arah di mana satu orang dengan yang lain.

Sebuah konsep di mana yang lebih ahli dalam suatu hal mau berbagi dengan yang masih berkekurangan. Namun, juga tidak menutup mata yang berkekurangan tidak dapat hanya menengadahkan tangan dan menerima. Semua harus dilakukan dengan dua arah. Dibutuhkan suatu hubungan timbal balik.

Segera PreOrder

Ikuti kisah selengkapnya dalam karya terbaru Dee Lestari, yaitu Rantai Tak Putus. Ikuti PreOrder melalui Bentang Pustaka. Simak informasi dan update terkait hanya di website resmi bentangpustaka.com dan akun Instagram @bentangpustaka. PreOrder akan dibuka mulai 10 Agustus hingga 24 Agustus 2020.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *