Banyak Tipenya! Berikut Tipe-Tipe Pembaca Buku

Tak sedikit orang yang menjadi kegiatan membaca buku sebagai salah satu hobinya. Namun tak sedikit juga yang menjadikan kegiatan membaca sebagai kegiatan sampingan atau hanya sekadar iseng mengikuti tren. Hal tersebut yang mengakibatkan muncul banyaknya tipe pembaca buku. Berikut tipe-tipe pembaca buku, kamu yang mana, nih?

Si Dedikasi! Pembaca Buku Berseri

Biasanya terdapat jenis buku yang saling terkait. Mulai dari trilogi, tetralogi, atau sekadar sekuel dan prekuel dari suatu buku. Para pembaca berdedikasi ini yang biasanya merasa wajib membaca keseluruhan buku terkait. Misalnya seperti Supernova dari Dee Lestari, ataupun tetralogi Muhammad dari Tasaro GK, hingga buku-buku Andrea Hirata.

Si Setengah-Setengah Udah Ganti

Ini merupakan tipe mereka yang baru membaca setengah atau bahkan kurang sudah memilih ganti buku. Biasanya mereka hanya semangat dan tertarik di awal, namun ketika di tengah perjalanan cerita atau isi buku berbeda dengan ekspektasi, mereka memilih berganti haluan.

Si Suka Nonton Dulu Baru Baca

Biasanya mereka para pembaca yang mulai tertarik membaca setelah menonton film yang diadaptasi dari buku tersebut. Misalnya buku Laskar Pelangi, Rudy Habibie, ataupun Maze Runner.

Si Nggak Bisa Move On! Pembaca Ulang

Tipe yang satu ini tipe membaca yang nggak bisa move on banget dari bacaan-bacaan sebelumnya. Mereka biasanya merasa buku yang sudah selesai dibaca masih sangat menarik, entah karena jalan cerita ataupun berbagai aspek di dalamnya.

Si Tukang Spoiler

Pembaca yang satu ini biasanya mereka sengaja mencari spoiler. Mulai dari ulasan di internet, hingga membaca beberapa halaman terakhir di bagian akhir buku. Namun tak hanya sampai di situ! Mereka bahkan juga kerap menyebarkan spoiler kepada teman atau pembaca di sekitarnya yang notabene belum menyelesaikan bacaan atau buku mereka.

Si Pembaca Fiksi

Sudah jelas kan kalau mereka ini merupakan tipe yang suka banget dengan fiksi. Pastinya mereka suka cerita-cerita fantasi, yang tentu saja dapat dinikmati melalui buku-buku fiksi. Seperti kisah dalam Supernova, Aroma Karsa, Pangeran Dari Timur, hingga terbitan terbaru Bentang Pustaka, yaitu Al-Masih: Putra Sang Perawan.

Si Pembaca Nonfiksi

Kebalikan dari si penyuka fiksi, para pembaca nonfiksi biasanya merupakan orang-orang yang lebih realistis. Mereka mencari inspirasi dari bacaan mereka. Kamu bisa menemukan buku-buku nonfiksi di Bentang Pustaka tentunya, mulai dari karya-karya Cak Nun, Gus Nadir, hingga Marie Kondo lho!

Si Pembaca Baperan

Haduh! Pembaca yang satu ini biasanya mereka yang terlalu menyelam dalam sebuah cerita. Mereka terlalu terbawa suasana dalam kisah dalam buku bacaan mereka. Tak jarang mereka menangisi beberapa kisah dan kejadian di dalam buku. Atau bahkan mereka mulai mengidolakan tokoh-tokoh di dalamnya sampai pada level fanatik.

Si Anggota Klub dan Komunitas

Tak hanya berdiam diri menikmati sebuah bacaan, tak jarang orang-orang akan mencari orang lain yang memiliki preferensi bacaan yang sama. Karenanya, tak sedikit juga komunitas dan klub bacaan yang beredar. Selain menjadi hobi yang positif, hal ini juga dapat membangun relasi dengan orang-orang baru lho!

Nah, berikut merupakan tipe-tipe pembaca buku. Kalau kalian yang mana, nih? Ingin mendapatkan buku-buku menarik dari Bentang Pustaka? Caranya gampang banget! Langsung menuju ke mizanstore.com atau melalui TBO (Toko Buku Online) kesayangan kalian semua di linktr.ee/Bentang tentunya banyak promo menarik, lho!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *