Jangan Ngaku Anak Gaul 2000an Kalau Belum Tahu Istilah Ini!

Bahasa menjadi alat komunikasi di semua kalangan masyarakat. Khususnya bahasa Indonesia memiliki beragam kosakata di dalamnya. Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia bahkan memiliki 111.000 kosakata dengan 127.000 makna kata. Namun di luar yang tercatat di dalam KBBI, juga terdapat kosakata yang sering disebut sebagai “bahasa gaul”. Terkadang “bahasa gaul” ini menjadi cerminan sebuah bahasa atau percakapan di era tertentu. Misalnya suatu kosakata gaul yang tren di tahun 80an akan berbeda dengan yang tren di tahun 2000an, atau di era lainnya.

Pada tahun 2000an, kosakata gaul yang sering kali digunakan anak muda pada zaman itu cukup banyak. Bahkan beberapa sudah tercatat di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Biasanya kosakata gaul ini muncul di lingkungan tongkrongan anak muda, dan digunakan sebagai bahasa dalam percakapan informal anak muda. Namun tak jarang bahwa bahasa gaul ini telah menembus batasan umur, lingkungan, dan berbagai batasan lainnya. Berikut bahasa gaul atau istilah yang tren di tahun 2000an.

Istilah yang tren di tahun 2000an

Cus                  Ayo

Lebay              Berlebihan

Rempong        Repot

EGP                 Emang Gue Pikirin (Kepanjangan)

Ember             Memang

Gatot               Gagal Total

Galau              Resah

Kepo               Ingin tahu

Gokil               Keren

Cupu               Culun Punya (Kepanjangan)

 

Beberapa contoh istilah atau kosakata gaul yang muncul dan tren di tahun 2000an di atas dapat mewakili kosakata gaul yang ada. Bahkan saat ini masih banyak istilah tren tahun 2000an yang masih kerap digunakan, baik di lingkungan informal sehari-hari, maupun di lingkungan seperti dalam lingkup pekerjaan dan lainnya. Misalnya hingga saat ini kata lebay, galau, kepo masih kerap digunakan di dalam bahasa sehari-hari. Sudah lebih dari satu dekade istilah-istilah tersebut muncul dan masih dapat bertahan di era saat ini.

Bahkan tak jarang bahwa istilah-istilah gaul tersebut dijadikan sebuah inspirasi untuk membuat suatu karya seni. Misalnya dulu pada tahun 2000 hingga 2010 muncul lagu dengan judul Emang Gue Pikirin yang dirilis oleh Maia Estianty di tahun 2008. Hingga saat ini bahkan tidak hanya kalangan muda saja yang memahami istilah-istilah gaul yang tren di tahun 2000an ini. Namun orang dewasa hingga orang tua sudah memahminya dan menggunakannya di dalam percakapan sehari-hari. Kalau kamu pernah dan sering menggunakan istilah gaul yang mana nih?

Dapatkan buku-buku Bentang Pustaka hanya di mizanstore.com dan linktr.ee/Bentang

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *