Gaya Hidup Minimalis Menjadi Trend: Berikut 5 Public Figure yang Menerapkannya

Pernah mendengar desain interior minimalis? Atau buku The Life Changing Magic of Tidying Up yang ditulis oleh Marie Kondo? Keduanya berasal dari gaya hidup minimalis. Minimalist lifestyle–gaya hidup minimalis—berawal dari sebuah gerakan yang dipelopori oleh seniman hingga berkembang menjadi gaya hidup modern yang terus berkembang.

Gaya hidup minimalis tidak hanya tentang furniture atau desain interior yang modern dan mahal. Prinsip dari gaya hidup minimalis adalah cara kita menempatkan pikiran, waktu, energi dan sumber daya yang ada dengan efektif dan efisien. Tujuannya adalah untuk membantu kita mengisi hidup dengan kegiatan atau hal-hal yang benar-benar bermanfaat.

Minimalism pun tidak hanya berlaku untuk aktivitas sehari-hari seperti membersihkan rumah mengatur jadwal, dan sebagainya. Minimalism juga bisa diterapkan ke pola asuh anak. Minimalist parenting adalah gaya pola asuh yang berdasarkan pada minimalism. Christine Koh dan Asha Dornfest adalah penulis yang pertama kali menulis buku Minimalist Parenting. Untuk mengetahui alasan gaya hidup minimalis menjadi favorit banyak orang, berikut 5 public figure yang menerapkan minimalism.

  1. Hidup Minimalis ala Shailene Woodley

Pemeran utama di film Divergent ini sangat menjunjung segakanya yang serba minimalis. Walaupun merupakan artis Hollywood, Shailene lebih suka tinggal berpindah-pindah ke rumah teman dan keluarganya. Barang miliknya pun cukup untuk ditempatkan dalam satu koper. Bukan hanya baju, Shailene juga membawa peralatan dapur di kopernya. Sebagai minimalis sejati, Shailene adalah orang yang tidak menyukai teknologi. Laptop dan handphone miliknya hanya untuk keperluan promosi film.

  1. Jennifer Lawrence

Jennifer Lawrence juga lebih suka berdonasi daripada menghabiskan uangnya untuk membeli barang secara berlebihan. Walaupun sudah memenangkan piala Oscar, Jennifer tetap tinggal di apartemen lamanya. Sebagai seorang minimalis, Jennifer lebih mengutamakan efisiensi daripada estetika. Karenanya, penampilan Jennifer cenderung sederhana dan nyaman.

Baca juga: Manfaat Minimalist Parenting: Satu Tahap Menuju Keluarga Bahagia

  1. Hidup Minimalis ala Raditya Dika

Stand Up Comedian kondang yang sekarang juga merupakan YouTuber sukses mulai menerapkannya. Raditya Dika berkomitmen kepada gaya hidup minimalis dengan menjual jam tangan mewahnya. Tidak hanya menerapkan minimalism, Raditya Dika juga menyebarkan kesadaran akan gaya hidup minimalis. Di akun YouTube-nya, Raditya Dika membicarakan alasannya menjual jam tangannya dan memberi tips cara mengatur uang. Raditya Dika juga beberapa kali membahas minimalism ketika menjadi narasumber.

  1. Cinta Laura

Sama seperti Raditya Dika, Cinta Laura juga pernah membahas bagaimana dirinya menerapkan gaya hidup minimalis. Cinta Luara, seorang artis fashionable menerapkan minimalism? Masa, sih? Cinta memang selalu tampil kece dan merupakan artis kelas atas, namun dirinya tidak suka membeli terlalu banyak barang. Seperti Jennifer Lawrence, Cinta lebih suka berdonasi.

  1. Eva Celia

Berdasarkan GATRAcom, gaya hidup minimalis putri Shopia Latjuba ini terinspirasi dari film Minimalism. Gaya hidupnya yang minimalis terlihat dari penampilan sederhana Eva Celia. Potret di akun Instagramnya juga menunjukkan penampilannya yang sederhana. Eva mengaku bahwa dirinya merasa lebih tenang setelah menerapkan minimalism.

Setiap orang memiliki cara sendiri dalam menerapkan minimalism. Begitu juga kelima public figure yang telah disebutkan. Penerapan minimalism juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pekerja yang masih lajang bisa fokus mengatur barang dan jadwal harian. Orang tua bisa menerapkan minimalist parenting supaya dapat mengasuh anak dan menjalani keseharian dengan minimalis.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *