fbpx

Filosofi Alain De Botton

Filosofi merupakan salah satu unsur yang penting dalam setiap hal. Melalui filosofi, kita dapat memahami makna di balik suatu hal tersebut. Dengan kata lain, setiap apa pun yang kita lakukan, harus memiliki nilai esensial. Begitulah filsafat. Banyak sekali aliran filsafat yang memaknai kehidupan sesuai dengan kepentingannya masing-masing. Kebanyakan ajaran-ajaran filsafat ditulis dalam buku pelajaran sebagaimana pengetahuan yang lainnya. Berbeda dengan Alain De Botton. Filsuf asal Swiss ini memiliki jalan sendiri untuk menuliskan pemahaman filosofisnya. Sebagian dari kita tentu tidak asing dengan novel, bukan? Iya, betul. Ia menuliskannya dalam bentuk novel melalui panduan-panduan filosofis. Lalu, pemahaman filsafat seperti apa yang ia bawa?

Filsafat Anti-Romantisisme

Sebelum kita memahami anti-romantisisme, kita perlu terlebih dulu tahu tentang romantisisisme. Secara urutan, romantisisme lahir sebagai reaksi perlawanan atas rasionalisme. Menurut romantisisme, kebenaran tidak hanya diperoleh melalui pikiran (ratio). Rasionalisme dianggap telah membuat kepengapan vitalitas hidup, menekan perasaan, dan mematikan emosi. Atau dalam kalimat lain, pikiran yang menindas perasaan. Sehingga, anti-romantisme ini juga sebenarnya upaya pengembalian pada rasionalisme sebab dunia dianggap telah banyak bergeser dan semakin realistis.

Alain De Botton dan Alternatif Filosofi

Dalam novel terbarunya ini, The Course of Love, Alain De Botton sebenarnya sedang menawarkan pemahaman alternatif setelah romantisisme. Cerita-cerita yang disusun adalah telaah kritisnya akan nilai romantisisme. Alain De Botton ingin mengajak kita mengukur romantisisme secara wajar. Dalam novelnya ini, ia banyak mendasarkan peristiwa-peristiwa yang dilakonkan oleh Kirsten dan Rabih sebagai suami istri kepada landasan-landasan filosofisnya. Landasan itu, tak lain adalah alternatif filosofi tentang rasionalisme dan romantisisme. Semua landasan berpikirnya untuk menakar romantisisme secara wajar disampaikan melalui perjalanan sepasang kekasih sejak mulai berkenalan hingga menikah dan mempunyai anak. Mereka, sebagai aktor utama, berdinamika dalam hubungannya untuk menemukan makna cinta yang sesungguhnya.

(baca juga https://bentangpustaka.com/rentang-kisah-dan-seribu-pertanyaan-tentang-cinta/)

The Course of Love, rentang kisah dan seribu pertanyaan tentang cinta. Dapat dipesan di sini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright - PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta