Cara Memperkenalkan Huruf Hijaiyah kepada Anak Balita

Setiap orang tua Muslim pasti menginginkan putra-putrinya menjadi anak yang saleh dan salihah. Untuk mewujudkan hal itu, salah satu caranya adalah dengan mengajari si kecil belajar mengaji hingga kelak mereka dapat membaca Al-Qur’an dengan fasih dan lancar. Akan tetapi, bagaimana, ya, tahap awal mengajarkan anak mengaji? Umur berapa, ya, kira-kira si kecil bisa mulai diajak mengenal huruf hijaiyah?

Sebenarnya, Happy Parents dapat memulainya sejak anak berada di dalam kandungan, lo. Caranya bagaimana? Caranya adalah dengan biasa memperdengarkan murotal atau bacaan ayat suci Al-Qur’an ketika si ibu mengandung. Kemudian, ketika si kecil lahir, kegiatan memperdengarkan ayat suci Al-Qur’an tersebut bisa tetap Happy Parents lakukan. Indra pendengaran merupakan salah satu indra yang berkembang paling awal pada bayi sehingga Anda dapat mengoptimalkan hal tersebut. Beberapa artikel dan penelitian mengungkapkan bahwa janin atau bayi yang biasa diperdengarkan bacaan Al-Qur’an akan lebih cepat tanggap ketika diajari bacaan surah dan ayat-ayat Al-Qur’an.

Selain membiasakan memperdengarkan murotal, Anda juga bisa mulai memperkenalkan huruf hijaiyah kepada anak Anda. Selain memperdengarkan ayat suci Al-Qur’an, penting juga untuk memperkenalkan huruf hijaiyah lewat indra penglihatan mereka. Mengenalkan huruf hijaiyah akan membantu anak-anak untuk mengenal bentuk dari masing-masing huruf, belajar cara baca, dan bagaimana pelafalannya. Dari huruf hijaiyah ini nantinya anak-anak akan belajar lebih lanjut untuk membaca Iqra dan bermuara dapat membaca Al-Qur’an dengan fasih dan lancar.

Lalu, bagaimana, ya, cara mengajari anak belajar huruf hijaiyah yang asyik dan menyenangkan? Berikut beberapa tip dan rangkumannya untuk Anda!

Ajarkan dengan hati ikhlas dan gembira

Apa yang berawal dari hati akan sampai juga ke hati. Begitu pula ketika mengajarkan sesuatu kepada si kecil, lakukanlah dengan sepenuh hati. Insya Allah, ilmu yang kita transfer kepada si kecil akan terserap dengan baik.

Ciptakan Suasana yang Nyaman dan Menyenangkan

Menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan akan mempermudah si kecil menyerap ilmu yang kita berikan. Pilihlah waktu-waktu yang tidak mengganggu jam istirahat si kecil agar mereka tidak cranky. Suasana yang menyenangkan bisa juga diciptakan dengan cara bermain sambil belajar menggunakan berbagai permainan edukasi seperti pada poin di bawah ini!

Gunakan Permainan Edukasi (Edutoys)

Permainan edukasi akan membuat proses belajar si kecil lebih menyenangkan. Si kecil tidak akan cepat bosan dengan metode “bermain sambil belajar” ini. Permainan edukasi di sini bisa berupa permainan puzzle bertema huruf hijaiyah, main gunting tempel huruf hijaiyah dengan kertas warna-warni, flashcard hijaiyah, dan sebagainya.

Berikut ini merupakan salah satu contoh permainan edukasi yang dapat membantu putra-putri Anda belajar menghafal serta melafalkan huruf hijaiyah. My First Hijaiyah Floor Puzzle merupakan puzzle bertema huruf hijaiyah dengan keping puzzle ukuran besar yang dapat dimainkan di mana saja dan kapan saja. Keping puzzle berukuran besar dan ujung puzzle rounded corner sehingga aman untuk anak berusia 2 tahun ke atas. Selain membuat suasana belajar huruf hijaiyah lebih asyik dan mudah, puzzle ini juga akan memberkaya kosakata si kecil, lo. Pasalnya, My First Hijaiyah Floor Puzzle dilengkapi dengan gambar binatang lucu yang huruf depannya mewakili masing-masing huruf hijaiyah dari Alif sampai Ya. Misalnya, huruf Alif untuk Arnabun yang artinya ‘kelinci’, huruf Ba untuk Battatun yang artinya ‘bebek’, dan seterusnya. Jadi, My First Hijaiyah Floor Puzzle bisa menjadi salah satu edutoys yang dapat Anda pilih, ya!

Latihan Menulis dengan Buku Aktivitas Hijaiyah

Selain menggunakan puzzle dan permainan edukasi lainnya, Anda juga bisa menggunakan buku aktivitas bertema huruf hijaiyah. Pilihlah buku aktivitas yang dapat mengoptimalkan si kecil berlatih menulis huruf hijaiyah. Buku yang dapat Anda pilih, misalnya Belajar Huruf Hijaiyah Bersama Alif dan Alika. Buku tersebut memiliki fitur halaman wipe & clean dan dilengkapi spidol sehingga halaman buku dapat dicorat-coret dan kemudian dapat dihapus kembali.

Menonton Video Belajar Hijaiyah

Anda juga dapat menonton video belajar huruf hijaiyah bersama si kecil lewat video-video edukasi. Hal ini akan membantu si kecil menghafal huruf hijaiyah lewat indra pendengaran dan penglihatan. Tentunya, si kecil dapat menonton video tersebut di bawah pengawasan Happy Parents, ya.

Lakukan Berulang-ulang

Tip terakhir adalah lakukan secara berulang-ulang. Hafalan huruf hijaiyah, hafalan surah dalam Al-Qur’an, dan sebagainya akan lebih mudah melekat di ingatan anak-anak jika dilakukan secara berulang-ulang. Jadi, jangan bosan untuk mengajari si kecil, ya Happy Parents!

Semoga tip-tip di atas bermanfaat!

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *