Buku Rekomendasi untuk Membentuk Karakter pada Anak

Pendidikan merupakan investasi terpenting yang dilakukan orang tua bagi masa depan anaknya. Sejak lahir ke dunia, anak memiliki banyak potensi dan harapan untuk berhasil di kemudian hari. Pendidikan pula yang menjadi jembatan penghubung anak dengan masa depannya itu.

Oleh karena itu, pendidikan di dalam keluarga merupakan pendidikan utama sebelum sang anak beranjak mengenal seluk-beluk pendidikan formal dan pendidikan sosial di luar rumah. Pendidikan di dalam keluarga bisa disebut sebagai pendidikan karakter.

Pendidikan karakter terhadap anak sangat penting dipupuk sejak dini agar menstimulasi tumbuh kembang anak dalam merespons apa pun yang orang tua dan orang lain lakukan kepadanya. Bagaimana sang anak menanggapi sesuatu dan bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukannya merupakan bagian dari proses pembelajaran karakter pada anak.

Mengutip dari bacaan parenting.co.id, Ki Hajar Dewantara, menekankan tentang pentingnya keseimbangan cipta, karsa, dan karya dalam pendidikan. Jika salah satu diutamakan, sementara yang lain dikesampingkan, kita akan melihat orang-orang dewasa yang kehilangan kemanusiaannya. Menariknya, penelitian-penelitian terbaru menunjukkan bahwa karakter tidak dapat diajarkan seperti ilmu matematika.

Paul Tough, penulis buku How Children Succeed: Grit, Curiosity and The Hidden Power or Character mengatakan bahwa karakter sebaiknya tidak dipertimbangkan sebagai bahan ajar, tetapi harus ditampilkan dalam lingkungan sehari-hari si anak. Sebagai orang dewasa di sekitarnya, kita juga merupakan teladan pertama yang akan dicontoh untuk menampilkan karakter yang dianggap penting.

Berikut adalah beberapa rekomendasi buku seri kebiasaan baik untuk anak yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran karakter yang tepat.

Cican & Cini Bisa Cuci Tangan Sendiri

Buku pertama yang hadir dalam Seri Kebiasaan Baik yaitu Cican & Cini Bisa Cuci Tangan Sendiri. Buku ini menceritakan ketika Cican dan Cini sedang asyik bermain balon sabun. Saat bermain, mereka berdua mencium aroma lezat dari arah dapur. Ternyata, bunda mereka sedang membuat panekuk.

Buku Cican & Cini Bisa Cuci Tangan Sendiri memiliki pesan agar kita sebelum memakan makanan atau minuman harus mencuci tangan terlebih dahulu, gunanya untuk mencegah kuman dan kotoran yang ada di tangan ikut masuk ke mulut. Selain itu, buku ini juga secara tidak langsung mengajari anak agar mandiri dalam melakukan suatu tindakan dan tidak selalu bergantung kepada orang lain atau orang tua.

Hacyim! Ketika Cican Bersin

Buku kedua ada Hacyim! Ketika Cican Bersin. Buku anak ini menceritakan ketika Cican dan teman-teman diajak oleh Bu Bebsy berkunjung ke perpustakaan kota. Ketika di sana, Cican dan teman-teman kagum dengan luas perpustakaan dan banyak buku berjejeran rapi. Suatu saat, Cican merasakan hidungnya gatal karena menghirup debu di sekitar rak, ternyata ia ingin bersin.

Buku ini memiliki pesan agar tetap selalu menjaga etika bersin di mana pun berada, terlebih jika berada di luar ruangan dan ada banyak orang di sekelilingnya. Selain itu, diharapkan para pembaca dapat selalu menjaga kesehatan terhadap dirinya sendiri.

Pelan-Pelan, Cican

Buku ketiga yaitu Pelan-Pelan, Cican. Bercerita ketika Cican dan Cini diajak oleh Bunda Mimi pergi berbelanja di swalayan. Namun, saat ingin mengambil sabun di rak bagian atas, Cican justru terjatuh dan merobohkan sabun-sabun yang berjejeran di rak. Tak hanya itu, Cican juga tak sengaja menabrak orang asing ketika berada di depan mesin kasir.

Buku ini ingin menyampaikan pesan kepada kita semua agar selalu berhati-hati dalam melakukan suatu tindakan, bertanggung jawab atas tindakan yang telah dilakukan, dan selalu meminta maaf jika melakukan kesalahan terhadap orang lain.

Ambil Secukupnya, Cican

Buku keempat ada Ambil Secukupnya, Cican. Buku ini berisi tentang Cican dan kawan-kawan yang sedang berada di Kawasan Peternakan Bahagia. Di sana mereka sangat bahagia karena bersama-sama memberi makan hewan yang beraneka jenis. Namun, ada saat Cican akan memberikan makan rumput pada sapi, rumput yang diambilnya terlalu banyak.

Buku Ambil Secukupnya, Cican menyampaikan pesan kepada para pembaca agar melakukan suatu pekerjaan dengan sesuai kemampuan dan porsinya. Jika terlalu memforsir keadaan, nantinya hasil yang didapatkan tidak bisa maksimal. Selain itu, hal yang diajarkan yaitu tentang mengelola sumber daya yang ada, berhati-hati, dan fokus dalam melakukan suatu pekerjaan.

Nyam! Ketika Cican Makan

Buku kelima ada Nyam! Ketika Cican Makan. Buku ini bercerita ketika Cican dan teman-teman makan bersama di sekolah. Banyak ragam makanan yang sangat lezat. Ketika makan bersama, tiba-tiba Monsta tersedak. Kira-kira kenapa Monsta bisa tersedak?

Buku ini masuk dalam buku rekomendasi karena juga mengajarkan kepada anak agar menjaga etika makan yang baik dan benar. Tidak perlu terburu-buru dalam mengunyah dan menelan makanan.

Baca juga: Mengoptimalkan Perkembangan Anak: Mereka Butuh Bermain Bebas!

Cican Bisa Ke Toilet Sendiri

Buku keenam ada Cican Bisa Ke Toilet Sendiri. Buku ini secara garis besar menceritakan ketika Cican bermain bersama teman-teman di taman, tiba-tiba perutnya sakit. Meskipun begitu, Cican berani untuk pergi ke toilet sendirian.

Buku ini mengajarkan kepada anak arti keberanian, mandiri, dan tidak takut jika melakukan aktivitas seorang diri. Selain itu, buku ini bertujuan melatih menjaga kebersihan sejak dini agar terhindar dari penyakit.

Secara umum, buku Seri Kebiasaan Baik ini bermanfaat untuk anak agar dapat melatih kepekaan terhadap dunia sosial, melatih kemampuan verbal dan konseptual, merangsang logika dasar dan kecerdasan emosi (EQ), meningkatkan interaksi dan kedekatan emosi antara orang tua dan anak, serta membangun karakter anak melalui pesan moral dalam cerita. Kumpulan buku ini juga terdapat dua bahasa, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, otomatis bisa menambah kemampuan anak saat memahami bahasa asing.

Kumpulan buku Seri Kebiasaan Baik karya Wahyu Aditya dan Tria Ayu ini dapat ditemukan di laman website mizanstore.com. Selain buku seri tersebut, Anda juga bisa menemukan buku anak seri lain di laman Bentang Pustaka atau mizanstore.com. Buku-buku lainnya ada seri Belajar Mengenal Waktu, Cerita Anak Jagoan, dan masih banyak lagi.

Penanaman karakter yang ditanamkan sejak dini kepada anak memang sangat diperlukan, karena dapat menjadi pengaruh penanaman moral dan ilmu lainnya kelak ketika dewasa. Bekal pengetahuan yang baik dapat menjadikan buah hati kita menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur.

Salam,

Anggit Pamungkas Adiputra

Baca juga: Melatih Hewan Peliharaan Sebagai Aktivitas Montessori

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *